BAZ Pesisir Selatan Prioritaskan Penerima Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Berprestasi

id BAZ

BAZ Pesisir Selatan Prioritaskan Penerima Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Berprestasi

Kepala BAZ Pesisir Selatan, Yuspardi dan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni foto bersama dengan penerima beasiswa pada 2017. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memprioritaskan pelajar dan mahasiswa berprestasi sebagai penerima beasiswa dari lembaga itu pada 2018.

"Syarat utama penerima beasiswa tetap mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, namun kami akan lebih memprioritaskan mereka yang berprestasi," kata Kepala BAZ Pesisir Selatan, Yuspardi di Painan, Rabu.

Ia menambahkan prestasi tersebut bisa ditunjukKan dengan melampirkan fotokopi nilai rapor ataupun Indeks Prestasi Komulatif bagi mahasiswa ketika pengajuan beasiswa.

Selanjutnya beasiswa juga akan diprioritaskan bagi mereka yang mengantongi Kartu Indonesia Pintar.

"Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu patokan kami, kendati demikian calon penerima tetap harus melengkapi dokumen tidak mampu dari wali nagari (kepala desa adat) hingga kecamatan," ujarnya.

Menurutnya, kedua syarat itu merupakan upaya untuk memastikan agar zakat tersalurkan kepada mereka yang berhak.

Sepanjang 2017, BAZ Pesisir Selatan telah menyalurkan beasiswa sebesar Rp1,05 miliar kepada 820 pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di daerah itu.

"Target awalnya hanya 400 pelajar dan mahasiswa namun karena jumlah zakat yang terkumpul melebihi batas makanya jumlah penerima ditambah," katanya lagi.

Sementara pada 2018, pihaknya menargetkan akan menyalurkan beasiswa ke 800 pelajar dan mahasiswa dengan total anggaran Rp1,1 miliar. (*)