HUT KOTA Payakumbuh ke - 47 Bertabur Kegiatan dan Prestasi

id #HUT Payakumbuh #Wako Berprestasi

HUT KOTA Payakumbuh ke - 47 Bertabur Kegiatan dan Prestasi

Foto bersama setelah rapat paripurna istimewa dilangsungkan pada HUT PAyakumbuh yang ke 47 (ist)

Payakumbuh- Sejumlah kegiatan meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) ke-47 yang jatuh pada 17 Des 2017.

Ketua Panitia HUT Benni Warlis saat dihubungi baru-baru ini mengatakan beberapa kegiatan untuk memeriahkan HUT kota antara lain pawai budaya, pawai seni tradisi SD, SMP, dan SMA/SMK, makan bajamba, festival kuliner, malam hiburan dan beberapa kegiatan lain yang digelar di setiap kelurahan maupun kecamatan.

Kegiatan lain yang juga masih dalam rangkaian HUT Kota Payakumbuh antara lain Pawai Organisasi Perangkat Daerah dan Gowes Wisata Kota Payakumbuh.

Puncak acaranya dilaksanakan kamarin dengan tabligh akbar yang mendatang Ustad Abdul Somad di GOR M. Yamin Payakumbuh dan malamnya Hiburan di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.

"Panitia juga berencana akan mengundang semua mantan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, maupun PLT dan PLH Walikota yang pernah mengabdi Payakumbu," tambah dia.



Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan peringatan hari jadi daerah itu bukan hanya sebuah acara seremonial, melainkan ada sebuah gagasan besar yang ingin diperbuat untuk kemajuan daerah.

Ia mengatakan, selain fokus kepada pelayanan dasar bagi masyarakat, Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Pemkab Limapuluh Kota untuk mewujudkan gagasan besar tersebut.

Ada sembilan potensi yang dapat dikerja samakan, yakni bidang pemerintahan, infrastruktur, budaya, pariwisata, olahraga, kehutanan dan lingkungan hidup, ekonomi, pendidikan, kesehatan, penanggulangan bencana, serta kamtibmas.

Wako menambahkan sebagaimana diatur UU nomor 23 Tahun 2014, kerja sama antar daerah yang berbatasan itu untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan yang memiliki eksternalitas lintas daerah untuk meningkatkan pelayanan publik agar lebih efisien jika dikelola bersama.

Wako mengatakan ada gagasan besar yang ingin disiapkan, dan saat tengah menyusun rancangan akhir RPJMD tahun 2017-2022 yang akan segera diPerdakan.

Dalam RPJMD tersebut ada bahagian yang mengangkat tentang sinergitas pembangunan yang intensif bersama semua pihak termasuk melakukan kerjasama dengan daerah tetangga Kabupaten Limapuluh Kota,

"Pada momen ini, kami berharap semua stakeholder dan komponen masyarakat dan hadirin dapat mendukung hal ini. Guna kemajuan Luhak nan bungsu yang kita cintai ini," harap wako.

Ia mengatakan berkat kebersamaan semua pihak, pembangunan fisik di kota Payakumbuh semakin hari-hari semakin terlihat kemajuannya.

"Keberhasilannya ini masih perlu ditingkatkan melalui tangan-tangan terampil dan kreatif untuk menangani berbagai urusan agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai," ujarnya.

Riza menambahkan pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya fisik tetapi pembangunan mental dan moral seluruh warga kota juga terus diupayakan.



Ketua DPRD Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengajak semua elemen agar menjadikan momen HUT daerah untuk membenahi semua kekurangan yang terjadi selama ini.

"Usia 47 tahun telah menunjukkan kedewasaan dan kemapanan, namun masih banyak kekurangan yang harus disempurnakan demi mengukir serta merubah wajah Kota Payakumbuh sehingga dapat sejajar dengan kota-kota lainnya," kata dia.

Ia mengatakan deretan prestasi dan penghargaan yang diraih, baik tingkat nasional maupun Sumbar belum cukup bahkan belum bisa dijadikan indikator keberhasilan atau kemajuan Kota Payakumbuh.

Namun, kata dia jika semua komponen masyarakat dapat memaksimalkan peran serta partisipasinya pada setiap pembangunan, maka hal itu yang dapat dikatakan sebagai sebuah prestasi atau penghargaan.

"Untuk meraih hal itu, perlu adanya sinergi yang baik dan teratur antara semua unsur, mulai dari pemerintah dan DPRD, karena kondisi tersebut akan menjadi acuan bagi masyarakat untuk mengambil peran atau keikutsertaannya dalam pembangunan," kata dia.



Ia menambahkan, sebagai daerah yang berbenah atau menggeliat, Payakumbuh termasuk salah satu kota yang diperhitungkan di tingkat Sumbar, maupun nasional.