Koperasi Saudagar Minang Siap Mendorong Perekonomian Indonesia

id pameran

Ilustrasi--pameran sejumlah produk jasa, perdagangan, pendidikan, pariwisata dan UKM. ( ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bandung, (Antara Sumbar) - Koperasi Saudagar Minang menggelar pertemuan dengan pengusaha asal Minang dari berbagai daerah termasuk luar negeri untuk membahas bersama kesiapan mendorong laju pertumbuhan perekonomian di Indonesia dengan mendongkrak Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Ini sebuah terobosan membantu pemerintah dalam menggerakan laju perekonomian di Indonesia, khususnya para pelaku UKM warga saudagar minang," kata Ketua Pelaksana Gathering Saudagar Minang Raya International Business Forum, Bahri Devi di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12).

Ia menuturkan, pertemuan para saudagar Minang itu salah satu kegiatannya mempertemukan pelaku dan investor usaha bersama seluruh anggota Koperasi Saudagar Minang Raya.

Ia menyampaikan, koperasi tersebut mewadahi para pengusaha saudagar Minang yang menjadi penggerak dan pendorong laju perekonomian di berbagai daerah di Indonesia.

Pertemuan itu, kata dia, diisi dengan pemaparan materi pengenalan produk Saudagar Minang Raya, presentasi tentang bisnis, berikut menghadirkan narasumber yang ahli di bidang bisnis, dengan harapan dapat menambah semangat bisnis anggota koperasi.

"Seluruh anggota Koperasi Saudagar Minang Raya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia serta yang di luar negeri, selain bisa bersilaturahmi sesama saudagar juga bisa mendapatkan ilmu untuk kemajuan usaha di bidang UKM," katanya.

Bendahara Umum Koperasi Saudagar Minang Raya, Elva Waniza, menambahkan, koperasi yang berdiri sejak April 2016 itu telah memiliki anggota sebanyak 220 orang yang mayoritas warga Minang seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri seperti Qatar, Belanda, Australia, Jepang, Malaysia dan Singapura.

"Dana yang bergulir saat ini lebih kurang Rp1,5 miliar, koperasi baru berdiri dan diresmikan Bulan April 2016 oleh Menteri Koperasi," katanya.

Ia menambahkan, pertemuan di Bandung itu merupakan pertama kali dilaksanakan sejak koperasi berdiri satu tahun lalu.

Selain persiapan membangun perekonomian di Indonesia, kata dia, acara tersebut membahas terkait rencana akan dilaksanakannya Rapat Akhir Tahun (RAT) pada April atau Mei 2018.

"Kami bisa bersilaturahmi dengan seluruh anggota serta mempererat persatuan Saudagar Minang Raya," katanya.

Kegiatan itu dihadiri Ketua Umum Koperasi Saudagar Minang Raya, Fashbir Noor Sidin, yang juga pengusaha sukses asal Minang, sekaligus membuka acara Gathering Saudagar Minang Raya International Business Forum di Bandung.

Narasumber materi yang hadiri yakni Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia dan Pusat Informasi Go Publik di Bandung, Reza Sadar Shahmeini, seorang ekonomi juga pengusaha Indonesia, Budi Isman, dan pelaku bisnis di Jepang, Ariq Suryo Wicaksono. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar