Ketua PHRI Sumbar Sebut TdS Memberikan Dampak Besar Terhadap Ekonomi

id PHRI

Ketua PHRI Sumbar Sebut TdS Memberikan Dampak Besar Terhadap Ekonomi

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat Maulana Yusran menilai even Tour de Singkarak (TdS) akan memberikan dampak besar terhadap perekonomian terutama bidang pariwisata.

"Kegiatan ini sejak awal bertujuan membangun nama Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata yang diperkenalkan ke dunia internasional," kata dia di Padang, Selasa.

Ia mengatakan sejak pelaksanaan TdS pada 2009 hingga saat ini telah banyak investor yang menanamkan dananya di Sumbar, sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah ini menjadi lebih baik.

"Kami dari pihak perhotelan merasakan hal tersebut terutama bertambahnya jumlah hotel dan pesatnya kunjungan wisata ke Sumbar," kata dia.

Ia mengatakan saat ini jumlah hotel yang tergabung dengan PHRI sebanyak 58 yang terdiri dari berbagai level.

"Hotel yang besar umumnya sudah bergabung dengan kami dan saat ini banyak hotel kecil yang masih belum bergabung," katanya.

Terkait kesiapan hotel dalam menyambut pelaksanaan TdS. Ia mengakui seluruh hotel telah mempersiapkan diri mereka untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam pagelaran even internasional ini.

"Berapa pun banyaknya tamu yang datang nanti kita akan mempersiapkan semuanya dengan baik. Siap atau tidak siap kita harus siap dalam memberikan pelayanan," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini jumlah kamar yang tersedia sekitar 4.500 kamar yang berada di beberapa kota dan kabupaten di Sumbar.

"Kita siap dalam memberikan pelayanan jasa akomodasi bagi para tamu yang mengikuti kegiatan ini," kata dia. (*)