DPRD Ingatkan Pemkot Bukittinggi Agar Pembangunan Diikuti Pemeliharaan

id Ibnu Asis

DPRD Ingatkan Pemkot Bukittinggi Agar Pembangunan Diikuti Pemeliharaan

Anggota Komisi III Bidang Pembangunan, DPRD Bukittinggi, Ibnu Asis. ((Dok. pribadi)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - DPRD Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengingatkan pemerintah setempat agar setiap kegiatan pembangunan infrastruktur diikuti dengan pemeliharaan.

"Membangun untuk kebutuhan masyarakat itu penting, tapi pemeliharaan juga penting agar tetap nyaman digunakan dalam jangka panjang," kata anggota Komisi III Bidang Pembangunan, DPRD setempat, Ibnu Asis di Bukittinggi, Jumat.

Terkait pemeliharaan, ia mencontohkan masalah genangan air yang terjadi ketika curah hujan tinggi.

"Saluran air sudah ada tapi mengapa tidak bisa menampung air, maka perlu pemeliharaan dalam bentuk pembersihan drainase secara berkala. Jangan sampai fasilitas sudah dibangun tapi tidak terpelihara," ujarnya.

Saat ini sejumlah kegiatan fisik sedang berjalan di daerah itu di antaranya pembangunan dan perbaikan ruang terbuka hijau, perbaikan bangunan pusat pertokoan Pasar Atas, dan pembongkaran dan perbaikan trotoar serta perbaikan gedung parkir eks Bioskop Gloria.

Menurutnya pelaksanaan proyek fisik yang baru dapat dilaksanakan setelah setengah tahun berlalu itu perlu menjadi evaluasi bersama.

Ia menilai perlu sebuah komitmen bersama agar pekerjaan fisik dapat dikerjakan lebih awal sehingga pekerjaan tidak terkesan kejar tayang.

"Kalau kejar tayang semua jelang akhir tahun dikahwatirkan pekerjaan tidak maksimal atau ada kekurangan di sana-sini padahal fasilitas akan dipakai untuk waktu lama," ujarnya.

Ibnu juga mengingatkan agar proses pekerjaan tidak mengganggu fasilitas lain yang masih ada dan digunakan masyarakat.

"Gundukan material jangan sampai mengganggu aktivitas masyarakat. Jika berpengaruh pada aktivitas seperti lalu lintas, kami harap ada petugas yang ikut mengatur dan mengawasi," katanya. (*)