UKM Dharmasraya Dibekali Desain Kemasan Meningkatkan Penjualan

id UMKM

UKM Dharmasraya Dibekali Desain Kemasan Meningkatkan Penjualan

(ANTARA TV SUMBAR)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pelatihan bagi 30 pelaku usaha kecil menengah dalam membuat desain kemasan hasil produksi untuk meningkatkan daya saing di pasaran lokal maupun regional.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan setempat, Zubrizal di Pulau Punjung, Rabu , mengatakan ketrampilan dan kemampuan mendesain bagi pelaku usaha industri kecil dan menengah penting untuk diasah agar membuat produk lebih menarik.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Republik Indonesiaakan berlangsung di Aula Hotel Al Jannah Sungai Dareh selama dua hari, yakni 3 sampai 4 Oktober 2017.

"Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong UKM di Dharmasraya mampu bersaing dipasaran, untuk itu peserta diminta memanfaatkan kegaitan ini dengan sebaiknya-baiknya," ujarnya.

Desain kemasan menjadi salah satu nilai dari produk yang dihasilkan oleh pelaku UKM terutam untuk industri makanan selain rasa dan ciri khas daerah.

Menurutnya banyak pelaku UKM yang belum memahami pentingnya standar kemasan produk yang lebih menarik dan dapat menjaga kualitas produk. Akibatnya, produk yang dihasilkan UKM tersebut tidak punya daya saing.

"Kemasan produk UKM , seperti makanan, minuman, dan kue-kue masih jauh dari menarik. Desain seadanya, dan kebanyakan hanya dibungkus plastik tanpa ada merk. Kendalanya memang mereka kurang informasi," ungkapnya.

Padahal, kebanyakan konsumen lebih dahulu melihat kemasan sebelum mencicipi produknya. Desain kemasan merupakan media komunikasi untuk mempromosikan produk itu sendiri.

"Kemasan awal menarik orang untuk tertarik pada produk, baru melihat isinya. Kemasan juga fungsi utama pemasaran, sebagai media promosi, disamping untuk menjaga kualitas produk agar tetap awet," tambahnya. (*)