KJKS Bertujuan Entaskan Kemiskinan Masyarakat

id KJKS

KJKS Bertujuan Entaskan Kemiskinan Masyarakat

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. (Humas Pemkot Padang)

Padang, (Antara Sumbar) - Wako Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan tujuan dari pendirian Koperasi Jasa dan Keuangan Syariah (KJKS) untuk mengentaskan kemiskinan di tengah masyarakat dan menjadi salah satu program peningkatan ekonomi daerah.

"Karena tujuannya membantu masyarakat miskin untuk memiliki modal dan berusaha, salah bila tidak dikelola dengan baik," ujar dia di Padang, Rabu.

Sejak berdiri Oktober 2007 , keberadaan KJKS telah membantu banyak warga mengembangkan usaha dan membantu kebutuhan sehari-harinya.

Sebagai bukti, bila dilihat di kawasan setiap kelurahan di Padang telah berjejer warung dan pertokoan kecil yang setiap tahunnya bertambah. Ini membuktikan langkah peleburan Kredit Mikro Kelurahan (KMK) ke dalam KJKS telah meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang.

"Artinya keberadaan KJKS memberikan perubahan status ekonomi warga miskin menjadi berusaha," sebutnya.

Mengingat pentingnya KJKS tersebut diharapkan pengelolaan dilakukan baik, akuntabel dan transparan.

Di samping itu anggotanya juga taat pada peraturan dan melakukan pembayaran tepat waktu, sehingga penyaluran dananya tidak ada hambatan.

Pihaknya melalui Dinas Koperasi dan UMKM melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja dari KJKS tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang, Yunisman menambahkan KJKS dapat berjalan lancar apabila pengelola dan anggotanya terbuka dalam penyaluran dana.

Sebagai contoh terkait penyaluran dana KMK ke KJKS oleh pokja seharunya diselesaikan oleh semua kelurahan. Hal yang penting yakni menindak tegas oknum masyarakat yang ingin menyalahgunakan kepentingan dalam KJKS tersebut, sebutnya.

"Termasuk anggota yang meminta di luar ketentuan dari peraturan yang ada," ujarnya. (*)