Konsumsi Ikan Menambah Cerdas, Merupakan Program Inti di Sijunjung

id #Gerkkan makan ikan #Sijunjung

Konsumsi Ikan Menambah Cerdas, Merupakan Program Inti di Sijunjung

Halal bi Halal Dinas Pangan dan PErikanan Kabupaten Sijunjung. (c)

Muaro, (antarasumbar) Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, mengembangkan dua program inti meliputi pengawasan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang profesionalis dalam menangani keamanan pangan dan upayah peningkatan konsumsi ikan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Yulizar, MP, Kamis, ketika dikonfirmasi disela-sela kegiatan Halal bi Halal yang dilaksanakan OPD satu ini, di Muaro, Kamis.

Menurut dia, bahwa dua program itu sebagai upaya menyiapkan generasi cerdas di masa mendatang, maka gerakan makan ikan harus menjadi kemauan bersama.

Ia mengatakan, kini di Kabupaten Sijunjung sudah dibentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan yang Ketuanya Ny En Yuswir Arifin, diharapkan mampu berperan strategis dalam peningkatan konsumsi ikan nasional.

Selain itu, hendaknya menjadikan makan ikan sebagai budaya bangsa, mudah-mudahan dapat meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

Sebab, disampingrasanya yang menggugah selera, juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia bila sering-sering makan ikan.

"Apabila masyarakat Kabupaten Sijunjung bisa rutin mengkonsumsi ikan, akan diperoleh tubuh yang sehat, cerdas, dan kuat. Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai macam zat nutrisi, Disamping itu, ikan juga mengandung kalori yang rendah," katanya.

Sesuai Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, tambah dia, bahwa keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangandari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain.

Yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi, tambah Yulizar.***