Bukittinggi Tuan Rumah Harganas XXIV Tingkat Sumbar

id Bukittinggi, Harganas, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Kota Bukittinggi menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang akan dilaksanakan pada 27 Juli 2017.

Kepala Sekretaris Utama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, Nofrijal dalam konferensi pers di gedung Perwakilan BKKBN Sumbar di Padang, Senin mengatakan tema peringatan Harganas XXIV tersebut adalah "Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan".

Ia mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2014 semua daerah diminta untuk merayakan dan memperingati Harganas setiap tanggal 29 Juni.

"Untuk puncak acara se-Indonesia akan dilaksanakan di Bandar Lampung pada 15 Juli 2017 dan dihadiri langsung oleh presiden," ujarnya.

Dalam peringatan Harganas, ujarnya dapat menjadi refleksi dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera untuk dapat mengatasi persoalan-persoalan bangsa yang terjadi dalam masyarakat.

"Seperti terjadinya kenakalan remaja, dan gejolak masalah sosial lainnya," katanya.

Nofrijal menjelaskan keluarga merupakan tempat untuk mencarikan solusi dalam segala persoalan-persoalan yang dihadapi terutama yang berhubungan dengan kependudukan.

"Keluarga yang cerdas akan membangun bangsa yang cerdas," sebutnya.

Hal itu, katanya sesuai dengan delapan fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi, dan fungsi lingkungan.

Sehingga, dengan demikian, ujarnya keluarga merupakan garda terdepan dalam pembangunan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, peringatan Harganas XXIII tingkat Sumbar dipusatkan di Kabupaten Pesisir Selatan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar