Bupati Pasaman: Manfaatkan Perkarangan Rumah dengan Bertanam Sayuran

id Yusuf Lubis, Memanfaatkan, Pekarangan

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Yusuf Lubis meminta kepada seluruh warga yang ada di daerah itu untuk memanfaatkan sekitar perkarangan rumah untuk menanam tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Masyarakat bisa memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam tanaman cabe, jagung, bumbu masakan dan berbagai jenis sayuran," ujarnya saat melakukan panen jagung di Jorong Aia Panjang, Kecamatan Panti, Rabu.

Kegiatan panen jagung ini dilakukan di salah satu pekarangan rumah warga setempat dalam rangka lomba budidaya tanaman jagung yang memanfaatkan pekarangan rumah.

"Seperti masyarakat di kejorongan Air Panjang ini, mereka bisa memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan baik untuk bercocok tanam seperti tanaman jagung yang kita panen ini," ujarnya.

Menurutnya, hal yang dilakukan masyarakat di Kejorongan Aia Panjang ini bisa dijadikan contoh oleh seluruh masyarakat yang ada di daerah itu.

"Ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pasaman saat ini yakni menjadikan masyarakat yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya," ujarnya.

Pemanfaatan perkarangan rumah ini, katanya, dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sehingga tidak perlu lagi membeli.

"Pemanfaat perkarangan tersebut berujung pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar