Wako: PGRI Berperan Penting Ciptakan Kenyamanan Lingkungan

id Ramlan Nurmatias

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias.

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias mengatakan para guru sebagai anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memiliki peran penting dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

"Guru ada di barisan terdepan dalam mendidik dan membentuk perilaku siswa sebagai anggota masyarakat. Siswa yang berperilaku baik akan mendukung terciptanya kondisi yang aman dan nyaman di lingkungan," katanya di Bukittinggi, Selasa.

Hal itu ia sampaikan usai Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Kota PGRI Bukittinggi Masa Bakti 2016 hingga 2021.

Ia menjelaskan guru berperan menanamkan nilai-nilai moral dan etika, kedisiplinan serta kepatuhan. Dimana hal itu merupakan sikap yang penting dimiliki siswa untuk mendukung terciptanya suasana aman dan nyaman di kota itu.

"Kami harap pengurus baru PGRI dapat meningkatkan peran dan kerjasama dengan pemerintah dalam mendorong terwujudnya guru yang memiliki peran dalam pembangunan daerah," ujarnya.

Ia mengingatkan pihak guru dan sekolah agar mengawasi lebih ketat para siswa untuk menghindari pelanggaran peraturan daerah terkait ketertiban umum dilakukan oleh siswa.

Sejak diberlakukan patroli oleh personel wanita dari Dinas Satpol PP sejak Jumat (3/2) lalu, pihaknya selalu mendapati sejumlah siswa yang masih berseragam bermain di rental "game" atau warung internet (warnet) saat berlangsung Shalat Jumat.

Di samping itu juga ditemukan siswa berada di luar lingkungan sekolah saat jam pelajaran berlangsung dalam patroli harian yang dilakukan Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4).

"Lebih miris ada yang kedapatan sedang menyalahgunakan lem. PGRI kami harap perkuat peran supaya kejadian ini tidak terulang. Kapan perlu guru lakukan razia tas siswa di waktu-waktu tertentu," ujarnya.

Ia berharap pemerintah setempat bersama PGRI dapat mengawal penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermutu membentuk siswa disiplin dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara Ketua PGRI Bukittinggi, Novrizal Usra mengatakan pihaknya berkomitmen membawa pendidikan di daerah itu menjadi lebih baik.

"Mendidik itu pekerjaan berkelanjutan dan tanpa henti, para guru harus terus membina para siswa dan mengenali karakter serta potensi yang ada. Bersama pemerintah kami siap bangun pendidikan ke arah lebih baik," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar