Legislator Minta Pemerintah Turut Berkomitmen Dukung BPPT

id Ramson Siagian

Legislator Minta Pemerintah Turut Berkomitmen Dukung BPPT

Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian. (Antara)

Surabaya, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian meminta pemerintah turut mendukung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) guna mendorong peningkatan teknologi dalam era persaingan global.

Ramson dalam kunjungan kerja ke Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT di Surabaya, Kamis, menyatakan Komisi VII akan memberikan dukungan kepada BPPT dengan mengupayakan anggaran yang lebih besar untuk merevitalisasi berbagai peralatan pada laboratorium pengkajian BPPT yang sudah tua.

"Tetapi dari Presiden, Menteri Keuangan, Menteri ESDM sangat diperlukan juga komitmen untuk pengembangan sepanjang yang diajukan itu logis untuk mengembangkan kemandirian ekonomi kita nantinya," kata Ramson.

Oleh karena itu dia meminta kepada Kepala BPPT untuk membuat perencanaan anggaran strategis untuk meyakinkan pembuat kebijakan seperti pemerintah maupun DPR memahami bahwa kebutuhan teknologi tersebut benar-benar diperlukan.

Kepala BPPT Unggul Priyanto menyebutkan pihaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk merevitalisasi berbagai peralatan di sejumlah balai pengkajian dan teknologi.

"Kita sudah mengajukan, dan dijanjikan selama lima taun itu Rp900 miliar untuk RKAP 2014-2019, tapi baru tahun ini direalisasikan Rp260 miliar," kata Unggul.

Dia mencontohkan salah satu peralatan yang membutuhkan perawatan dan revitalisasi ialah Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) yang beberapa alatnya ada yang rusak.

Padahal BTH memiliki potensi untuk melaksanakan proyek standarisasi desain kapal secara nasional serta memiliki potensi mendapatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pengujian-pengujian kapal yang dilakukan oleh industri galangan kapal. (*)