Kemendikbud Anugrahi Wali Kota Kawastra Pawitra

id padang

Kemendikbud Anugrahi Wali Kota Kawastra Pawitra

Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA. ()

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Hendri Arnis memperoleh penghargaan "Kawastara Pawitra" dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Penghargaan itu merupakan sebagai bentuk Kepala Daerah berintegritas dalam penyiapan calon Kepala sekolah di daerahnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang Panjang, Desmon ketika dihubungi dari Padang Panjang, Sabtu.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muhajir Effendy, kepada 113 Bupati dan Walikota se Indonesia di Novotel Surakarta, Sabtu 15 Oktober 2016.

Dalam menyiapkan kepala Sekolah Wali Kota Padang Panjang selalu merujuk kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (Permendiknas) Nomor 28 Tahun 2010.

Mendikbud Muhajir Effendy memberi apresiasi yang tinggi kepada Kepala Daerah yang telah mendorong terlaksananya Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 dengan penuh integritas dalam memilih dan mengangkat kepala sekolah.

Dalam Permendiknas itu juga sudah diatur tentang persyaratan administratif dan teknis untuk menugaskan atau mengangkat guru sebagai Kepala Sekolah.

Ia mengatakan guru yang ditugaskan sebagai Kepala Sekolah haruslah mereka yang telah melewati tahapan dari proses seleksi sampai kepada Diklat yang dilakukan secara indipenden dan profesional oleh lembaga yang ditetapkan.

Dalam hal ini Pemerintah menunjuk Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Indonesia di bawah Kemendikbud di Padang Panjang proses ini telah diterapkan semenjak tahun 2014.

Selain Walikota Padang Panjang, dari Sumbar penghargaan yang sama juga diterima oleh Walikota Payakumbuh, Pariaman, Padang, Bukittinggi, Solok dan beberapa daerah lainnya. (*)