Arus Mudik Pesisir Selatan Lancar

id Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Arus mudik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Padang-Bengkulu tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), ramai lancar hal itu terpantau di Kecamatan IV Jurai, Sutera dan Lengayang.

Seorang warga yang menetap di Kecamatan IV Jurai, Ari (46) di Painan, Selasa, mengatakan intensitas kendaraan yang melewati jalinsum memang meningkat namun hingga saat ini masih lancar.

Ia menambahkan kendaraan yang digunakan pemudik didominasi oleh sepeda motor.

Hal serupa juga terjadi Kecamatan Sutera dan Lengayang hingga saat ini arus mudik masih ramai lancar dan tidak terlihat kemacetan.

Walau demikian pemudik yang melewati jalinsum di Kabupaten Pesisir Selatan harus ekstra berhati-hati karena terdapat beberapa lubang di beberapa titik selain itu badan jalan juga tidak rata.

Guna menjaga kelancaran arus mudik Lebaran 2016 pemkab setempat menyiagakan empat alat berat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pemukiman, Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf mengatakan penyiagaan alat berat bertujan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas darat jika terjadi bencana longsor.

Di sepanjang jalan nasional itu terdapat sekitar sembilan titik rawan longsor jika terjadi hujan yakni sebanyak tiga titik terdapat di Kecamatan Koto XI Tarusan, di Bayang, IV Jurai, Batangkapas, Sutera, Ranahpesisir dan Pancung Soal, masing masingnya terdapat satu titik.

Masing-masing alat berat disiagakan diantaranya di Kecamatan Koto XI Tarusan sebanyak satu unit meliputi daerah di Kecamatan Koto XI Tarusan, satu unit di Kecamatan IV Jurai meliputi titik rawan di Kecamatan IV Jurai, Bayang, Batangkapas dan Sutera.

Sedangkan titik rawan longsor di Kecamatan Ranahpesisir dan Pancung Soal disiagakan satu unit alat berat yakni ekskavator di Kecamatan Ranahpesisir.

"Jika terjadi longsor, maka alat berat tersebut dapat langsung bergerak membersihkan tanah dan meterial longsoran dari badan jalan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan lintas barat Sumatera melewati kabupaten ini," katanya. (*)