Mawardi: Jadikan Hari Kartini Momentum Peningkatan Inovasi

id Hari Kartini, Momentum, Peningkatan Inovasi

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi mengharapkan peringatan Hari Kartini bukan sekadar seremonial, melainkan momentum untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi bagi kalangan perempuan di Tanah Air khususnya daerah itu.

"Peran Kartini sesungguhnya adalah mencerdaskan perempuan pada masanya," kata dia ketika dihubungi dari Padang Panjang, Jumat.

Ia menyebutkan Kartini membuka paradigma berpikir baru bagi kaum perempuan yang ada pada zaman itu, agar kaum perempuan mempunyai peran besar dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat.

"Peranan perempuan bukan sekedar di dapur, kasur, dan sumur, namun lebih dari itu untuk pembangunan bangsa," ujarnya.

Perempuan, menurut dia sama halnya seperti kaum laki-laki yang mempunyai potensi dan kiprah yang sama sebagai agen perubahan di tengah masyarakat.

Manfaat dari peran kaum perempuan tersebut akan semakin bermakna, karena dari segi kuantitas, jumlahnya jauh lebih besar dari pada laki-laki di Indonesia ini.

"Jika perempuan Indonesia mampu mengoptimalkan perannya di berbagai aspek kehidupan, maka kemajuan bangsa ini berada di pundak perempuan," katanya.

Ia menambahkan untuk memiliki peranan yang lebih besar, kaum perempuan tidak cukup hanya mengandalkan kuantitas yang banyak, melainkan harus diimbangi dengan kualitas dan keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

"Di Indonesia, masih banyak perempuan yang belum mendapatkan pendidikan layak karena berbagai faktor penghambat, seperti nilai-nilai budaya dan ekonomi," sebutnya.

Dari segi budaya, ada pandangan bahwa perempuan sebaiknya hanya menjadi ibu rumah tangga. "Ini yang menyebabkan langkah untuk maju dan berkarya semakin terbatas," lanjutnya.

Sedangkan dari segi ekonomi, tambahnya juga menyebabkan peluang kalangan perempuan terbatas untuk mengenyam bangku pendidikan yang layak.

Kaum perempuan di Padang Panjang, Fita Gusta menyebutkan apa yang disampaikan Wakil Wali Kota tersebut, merupakan sebuah motivasi bagi kaum hawa dalam meningkatkan peranan diberbagai aspek.

"Sudah saatnya kaum perempuan berhenti berpangku tangan, inovasi dan kretaivitas sudah harus ditunjukan dalam berbagai peranan kehidupan," ujarnya. (*)