Komisi III DPRD Sawalunto Tinjau Lokasi Proyek

id DPRD,Tinjau, Proyek

Sawahlunto, (AntaraSumbar) - Jajaran Komisi III DPRD Kota Sawahlunto kembali mengunjungi sejumlah lokasi proyek pembangunan infrastruktur yang ada di kota itu, Kamis.

Ketua Komisi III DPRD setempat, Deri Asta di Sawahlunto, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut sekaitan dengan fungsi pengawasan yang menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut.

"Kegiatan ini juga untuk menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo, yang meminta seluruh daerah untuk memaksimalkan serapan dana pembangunan yang sudah dianggarkan dalam APBD dan APBN tahun 2015," kata dia.

Menurutnya, imbauan tersebut juga dipertegas oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, untuk memberikan sanksi bagi daerah yang tidak mampu menyerap anggaran yang sudah dialokasikan dengan melakukan pemotongan dana alokasi umum (DAU) sebesar Silpa tahun anggaran berjalan pada tahun anggaran berikutnya.

Sehingga, lanjutnya, jajaran komisi III menganggap perlu melakukan langkah-langkah politik dalam mendorong penggunaan alokasi dana pembangunan infrastruktur tersebut, bisa terserap dengan baik dan mencapai kualitas pekerjaan yang sesuai dengan dokumen perencanaan awal.

"Agar tujuan dari dibangunnya sarana prasarana infrastruktur tersebut bisa memenuhi tujuan yang ingin dicapai dan mendatangkan manfaat maksimal bagi seluruh masyarakat," ujar dia.

Ia mengatakan berdasarkan pemantauan pihaknya pada kegiatan kali ini, masalah sisa waktu pelaksanaan serta keadaan cuaca yang sudah memasuki musim hujan menjadi perhatian utama pihaknya.

Hal itu, lanjutnya, dikhawatirkan dapat memicu rendahnya serapan anggaran oleh pihak rekanan pelaksana kegiatan karena pekerjaannya menjadi terhalang sehingga tidak mampu diselesaikan pada sisa waktu yang tersedia hingga berakhirnya masa kerja sesuai kontrak yang sudah disepakati.

"Akibatnya pembangunan tersebut menjadi tidak termanfaatkan dan uang negara yang dialokasikan pada proyek tersebut menjadi sia-sia," kata dia.

Pihaknya mengimbau, agar seluruh pihak terkait bisa melakukan percepatan pengerjaan pembangunan dengan tetap mengutamakan hasil yang berkualitas sesuai spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan.

Sehingga tujuan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat selaku objek pembangunan, bisa tercapai dengan baik dan berdayaguna dalam memajukan kehidupan bangsa sebagaimana yang telah diamanatkan dalam dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD setempat, Hasjhonni SY, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak komisi III DPRD Kota Sawahlunto tersebut, merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Kami ingin memastikan pemanfaatan uang negara sudah benar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, sesuai kewenangan dan fungsi lembaga legislatif dalam tatanan pemerintahan negara Republik Indonesia," kata dia.

Dalam kunjungan lapangan tersebut jajaran Komisi III juga didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Sawahlunto, Nova Erizon, dan mengunjungi beberapa proyek fisik antara lain, Pembangunan Los Pasar Sawahluto, Pembuatan Ruang Terbuka Hijau di kawasan jalan Selat Karimata II Kecamatan Lembah Segar, serta Pembangunan Gedung Serba Guna di kawasan Durian II Kecamatan Barangin.

Wakil Ketua DPRD setempat, Hasjhonni, juga terlihat turut mendampingi rombongan Komisi III bersama sejumlah wartawan media cetak dan elektronik yang bertugas di kota itu. (*)