Jelang Lebaran, Jasa Pencucian Mobil Panen

id Jasa, Pencucian, Mobil, Panen

Arosuka, (AntaraSumbar) - Sejumlah jasa pencucian mobil di jalan lintas Solok-Padang, panen rezeki puluhan kendaraan perantau asal Sumatera Barat (Sumbar) yang baru sampai di kampung halaman untuk berlebaran.

Dari pantauan, pada H-2 hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, setiap hari pencucian mobil di Kabupaten Solok seperti di GOR Batu Tupang, Koto Baru, Jalan By Pass Cupak, Nagari Talang bahkan hingga ke Guguak dan Kayu Aro dipenuhi puluhan berbagai merek mobil pribadi milik perantau yang ingin dicuci.

"Setelah menempuh perjalanan darat dari Cilangkap Jakarta, mobil kami yang kotor harus dicuci kembali agar terlihat bersih," kata Indra Pince didampingi istrinya Roza Efrita perantau yang pulang kampung ke Jorong Koto Gaek, Nagari Talang, Rabu.

Indra Pince, pengusaha sepatu asal Pariaman namun beristerikan orang Talang Solok itu mengatakan, jasa pencucian mobil di dekat GOR Batutupang Koto Baru, Kecamatan Kubung ini, membuat para pemilik kendaraan merasa puas.

"Mobil Toyota Kijang Inova kami yang semula kotor berdebu dan sedikit berlumpur, kini kembali bersih dan nyaman karena diberi parfum pewangi dibagian dalam kendaraan," katanya.

Terpisah, Patra (42) salah seoran pemilik jasa pencucian mobil di jalan By Pass Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang mengatakan, seminggu jelang Lebaran, memang pencucian mobilnya juga dipenuhi puluhan kendaraan bermotor yang ingin dicuci karena kotor setiba di kampung halaman.

"Selain harus melayani cuci mobil para perantau, kami juga masih harus mencuci mobil langganan kami dari para sopir angkot walau terpaksa harus sampai malam hari ," kata Patra.

Ia menyebutkan, lewat pukul 21:00 WIB, terpaksa dia harus menolak dengan baik-baik para pemilik kendaraan mengingat lima orang karyawannya sudah letih seusai mencuci puluhan mobil sejak pagi hari.

Patra menyebutkan, untuk jasa cuci mobil pribadi roda empat jenis sedan dan mini bus kecil dikenakan harga Rp35 ribu per kendaraan. Sedangkan sepeda motor Rp10 ribu.

Ia mengatakan, seminggu sebelum Lebaran ini, setiap hari jasa pencucian mobil dan motornya bisa melayani sampai 30 kendaraan. Namun, kata dia, setelah Lebaran usai, dan para perantau sudah kembali ke kota masing-masing seperti ke Jakarta, Pekanbaru dan daerah lainya di nusantara, pencucian mobilnya kembali seperti biasa.

"Rata-rata dalam sehari paling 10 sampai 15 mobil yang dicuci, itupun bercampur antara mobil pribadi dan angkot langganan kami" katanya. (cpw1)