PERLOMBAAN MTQ DI PASAMAN BARAT BERJALAN LANCAR

id PERLOMBAAN MTQ DI PASAMAN BARAT BERJALAN LANCAR

Lima hari pelaksaan Masabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumatera Barat ke-XXXV berjalan lancar dan meriah. Sejumlah perlombaan sudah diikuti oleh 19 kabupaten/ kota pada lokasi yang telah ditetapkan oleh panitia.

Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R didampingi Ketua Skretariat MTQ Hasiholan Hutagalung di Simpang Ampek, Senin (2/12) mengatakan berbagai macam perlombaan sudah dijalani oleh para kafilan sesuai dengan tempat dan jadwal yang telah ditentukan.

"Para kafilah tersebut sudah mengikuti berbagai perlombaan diantaranya, Qiraat Alqur'an yang bertempat di Mimbar Utama Padang Tujuah, lomba Tilawah TK di mesjid Baiturrahmah, tilawah Canet dan Tilawah anak-anak di mesjid Raya Baitussalam padang Tujuah,kata dia..

Sedangkan Tahfiz 10 juz dilaksanakan di mesjid Taqwa Padang Hijau Jambak, Tartil dasar di mesjid Agung Baitul Ilmi Simpang Ampek, Tafsir Bahasa Ingris di Aula Kemenag, Tafsir bahasa Arab Mesjid Istiqomah, Syarhil Qur'an Auala Kantor Bupati dan Khutbah Jum'at di mesjid Al Falah Jambak.

Dikatakan Baharuddin, sedangkan lomba lainya, tartil menengah di mesjid agung, tahfiz 20 juz di mesjid attaqwa padang hijau Jambak, tilawah remaja di suko menanti, Tahfiz 1 juz dimesjid Nurul Huda, tahfiz 1 juz no tilawah di mesjid muklisin bandarjo.Khaat Naskah di kantor Bupati Pasbar, Tahfiz 5 juz tilawah, tahfiz 5 juz non tilawah serta tafsir bahasa Indonesia di masjid Al Istiqomah,"ungkap Baharuddin.

Sedangkan untuk penilaian, para dewan hakim telah melakukan penilaian dengan sistim nomor lot jadi para peserta pada tiap-tiap perlombaan itu, sudah ada nomor-nomor mereka yang dicacat oleh dewan hakim ."Jadi para peserta itu sudah ada nomornya yang telah diberi nilai oleh para dewan hakim , hanya dewan hakim lah yang mengetahui siapa yang ungul pada setiap perlombaan,"ujar Baharuddin.

Namun demikian, Insaallah pada hari Selasa (3/12) para kawan Wartawan sudah bisa melihat siapa-siapa saja yang akan berlaga di semi final pada setiap cabang perlombaan, pada hari selasa itu akan ada di umumkan berdasarkan kabupaten dan kota asal para kafilah,"ungkap Baharuddin.

Pada tiap hari selama 8 hari ini, para kafilah setiap hari nya padat dengan jadwal pertandingan, mulai dari pagi hingga malam hari dengan 27 cabang pertandingan yang sedang dipertarungkan."Kita berharap kepada para Kafilah Pasbar bisa bersaing dengan sehat dan bisa meraih juara umum sehingga bisa mewakili tingkat Nasional,"terang Baharuddin. ***Altas Maulana***