Hingga Juli Jamsostek Gaet 170 Perusahaan di Sumbar

id Hingga Juli Jamsostek Gaet 170 Perusahaan di Sumbar

Padang, (ANTARA) - Jumlah tenaga kerja aktif yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) hingga Juli 2012 sebanyak 9.824 orang dari 170 perusahaan di wilayah operasional Sumatera Barat.

"Sebanyak 631 orang di antaranya merupakan tenaga kerja sementara," kata Kepala Cabang Jamsostek Sumatera Barat Alief Fauzi di Padang, Senin.

Ia mengatakan, tingkat kesadaran perusahaan mendaftarkan tenaga kerjanya mulai meningkat. Hanya yang perlu lebih gencar dilakukan adalah sosialiasi lagi terhadap perusahaan kecil bidang jasa seperti bengkel maupun perdagangan.

Untuk tahun ini ditargetkan mampu digaet 285 perusahaan dengan 15 ribu orang buruh. Untuk perusahaan telah terealisasi 60 persen sedangkan buruh 65 persen.

Sementara itu, untuk paket C atau penambahan jaminan pemulihan kesehatan telah diikuti 161 perusahaan dengan tenaga kerja 7.003 dan 295 tenaga kerja sementara.

"Kita optimistis tahun ini seperti tahun kemarin yang melebihi target," katanya.</p><p>Sementara itu, untuk iuran telah terealisasi Rp47 miliar, atau 58 persen dari target Rp82 miliar.

Kendati pemberian pemahaman terhadap perusahaan kecil membutuhkan waktu lama, namun pihaknya tetap melakukannya karena untuk mengubah pola pikir pengusaha agar memberikan perlindungan kepada karyawannya tidak mudah.

Biasanya mengubah pemahaman tidak bisa dilakukan hanya sekali dan langsung diterima tapi harus berkali-kali sampai betul-betul memahami dan membuat imej pengusaha bahwa manusia aset yang harus dilindungi, ujarnya.

Ia mengatakan, menjadi peserta Jamsostek banyak manfaatnya, antara lain untuk peningkatan kesejahteraan karyawan karena dari sisi perlindungan terjamin dan ada manfaat untuk tabungan karyawan.