Pemkab Apresiasi Warga, Ikut Membantu Memugar Rumah Keluarga Kurang Mampu

id pugar rumah

Pemkab Apresiasi Warga, Ikut Membantu Memugar Rumah Keluarga Kurang Mampu

Rumah Indrawati di Jorong Koto Gadang, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, dibangun atas program Gapura Mantap dan bantuan warga sekitar. (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengapresiasi warga Jorong Koto Gadang, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, karena ikut membantu melakukan pemugaran rumah yang masuk dalam program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) yang dicanangkan Pemerintah setempat beberapa bulan lalu.

"Kita sangat mengapresiasi seluruh masyarakat dan perantau serta semua pihak yang telah ikut mendukung program Gapura Mantap ini, tanpa dukungan masyarakat program ini tidak akan berjalan dengan baik, kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma di Batusangkar, Selasa.

Pada tahap awal, program Gapura Mantap akan dilakukan di 915 unit rumah dan setelah itu dilanjutkan dimana akhirnya di Kabupaten Tanah Datar tidak ada lagi masyarakat yang tinggal di rumah tak layak huni.

"Kita memulai aktifitas dari rumah, kalau kondisi rumah baik dan nyaman, tentu suasana harmonis untuk membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, tentunya tercapai dengan baik," katanya.

Program Gapura Mantap ini ternyata mendapat respon dan dukungan penuh dari masyarakat sehingga bantuan yang diberikan pemerintah melalui APBD Kabupaten Tanah Datar, sumbangan perantau, BAZ, BPJS dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD dengan nilai mencapai Rp11.307.986.000 bertambah tiga kali lipat.

Bantuan yang diberikan masyarakat sekitar itu berupa tenaga, bahan bangunan seperti semen, pasir, batu bata dan lainnya.

Sementara itu, salah satu keluarga penerima program Gapura Mantap, Indrawati, warga Jorong Koto Gadang, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

Ia menyebutkan selama ini keluarganya hidup dengan menumpang di rumah tetangganya yang tidak dihuni, namun sekarang sudah dibuatkan rumah sendiri oleh pemerintah daerah melalui program Gapura Mantap. (*)