Ribuan Murid TK Padang Panjang Gelar Manasik Haji

id manasik haji

Ribuan Murid TK Padang Panjang Gelar Manasik Haji

Ribuan murid TK se-Kota Padang Panjang melaksanakan manasik haji di lapangan Khatib Sulaiman, Senin (19/9). (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni K)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.001 orang murid Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mengikuti manasik haji untuk mendapatkan pengetahuan tata cara pelaksanaan haji sejak dini.

"Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima, maka pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan haji harus dilakukan kepada anak-anak kita sejak dini," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Padang Panjang Indra Gusnadi ketika membuka secara resmi pelaksanaan manasik haji TK se kota itu di lapangan Khatib Sulaiman, Senin.

Ia mengatakan, manasik haji tersebut akan memberikan pemahaman dan memperkenalkan serta menyiarkan Islam kepada anak usia dini, khususnya pelaksananaan haji.

Dengan adanya kegiatan manasik haji tersebut tambahnya, akan mendidik anak menjadi insan sosial dan menimbulkan semangat kebersamaan.

"Anak-anak kita akan tangguh secara pribadi dan sosial. Mereka akan selalu bersikap jujur kepada diri sendiri dan orang lain, bersikap terbuka, saling membantu dan berusaha saling percaya," kata dia.

Ia juga mengharapkan kelak pada waktunya, kalau para murid sudah besar bisa mengingat bahwa pada waktu kecilnya mereka sudah pernah dan mengenal cara-cara atau proses dalam menjalankan ibadah haji.

Panitia pelaksana manasik haji, Muhammad Barli mengatakan, ke-1.001 murid anak usia dini itu berasal dari 20 TK yang tersebar di Kota Padang Panjang.

Dalam pelaksanaannya, kata dia, murid akan dibagi dengan 33 kelompok atau rombongan yang akan dipandu masing-masing rombongan dua orang guru pendamping.

"Satu rombongan berjumlah 30 orang. Meraka akan melakukan tata cara pelaksanaan haji mulai dari thawaf, sa'i, wuquf ataupun melempar jumrah," sebutnya.

Mereka meneriakkan doa-doa haji di setiap lokasi, mulai dari lontar jumroh hingga mengelilingi Kabah. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi anak-anak mengenai ibadah haji. (ben)