Material yang Menimbun Jalan Padang-Kerinci Telah Dibersihkan

id Longsor

Material yang Menimbun Jalan Padang-Kerinci Telah Dibersihkan

Ilustrasi - ( ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan mengerahkan satu unit alat berat untuk membersihkan material banjir berupa lumpur pada jalan nasional Lubuk Lasih-Kerinci di Pakan Rabaa Tangah, Koto Parik Gadang Diateh.

"Alat berat sudah kami datangkan untuk membersihkan material lumpur yang dibawa banjir dan menumpuk di jalan tepatnya di Nagari Pakan Rabaa Tangah," kata Kalaksa BPBD Solok Selatan Editorial saat dihubungi di Padang Aro, Kamis (14/9).

Dia mengatakan, banjir terjadi akibat luapan sungai Batang Lolo setelah hujan mengguyur daerah itu pada Kamis malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Banjir yang membawa material lumpur dan menumpuk di jalan.

Untuk sementara katanya, kendaraan yang melintas dialihkan ke jalur irigasi.

"Sepanjang irigasi ada jalan dan untuk sementara dialihkan kesana baik yang dari Padang Aro maupun sebaliknya sampai lumpur bisa dibersihkan," ujarnya.

Selain itu kata dia, banjir juga masuk ke rumah warga dan sekarang para korban juga sudah mulai membersihkan material yang masuk rumah.

"Ada sekitar 20 rumah warga yang tergenang banjir sedalam 10 centimeter tetapi sekarang sudah surut," kata dia.

Terkait korban jiwa kata dia, sampai saat ini belum ada laporan dari warga.

Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak pukul 21.00 WIB yang membuat air Sungai Batang Lolo, Jorong Bancah, Nagari Pakan Rabaa Tengah meluap ke jalan dan rumah warga. (*)