Distan Padang Bagikan 25 Ton Varietas Padi Tahan Wereng

id padi

Distan Padang Bagikan 25 Ton Varietas Padi Tahan Wereng

Ilustrasi - Petani melakukan pemupukan tanaman padi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pertanian Kota Padang, Sumatera Barat akan membagikan sebanyak 25 ton varietas padi tahan wereng untuk mengganti tanaman padi yang terkena serangan hama wereng coklat di daerah itu.

"Varietas yang akan dibagikan itu adalah "Batang Piaman", karena varietas tersebut tahan terhadap serangan hama wereng dan produktivitasnya pun tinggi," kata Kepala Dinas Pertanian setempat, Syaiful Bahri di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan, terdapat 2.000 hingga 3.000 hektare lahan pertanian yang terdampak hama wereng, sedangkan puso mencapai 100 hektare.

"Dengan demikian perlu adanya penggantian varietas padi yang ditanam terhadap lahan yang terdampak tersebut agar tidak menimbulkan kerugian yang semakin besar," ujarnya.

Sebanyak 25 ton varietas "Batang Piaman" yang akan dibagikan itu, sebutnya, untuk 1.000 hektare lahan pertanian yang terkena serangan.

Syaiful Bahri mengatakan serangan hama wereng yang terjadi di beberapa kecamatan di daerah itu disebabkan oleh penanaman padi yang dilakukan tidak secara serentak.

Serta, tambahnya varietas yang digunakan merupakan IR 42 yang rentan terhadap serangan hama wereng, karena telah digunakan secara bertahun-tahun sehingga tidak tahan terhadap serangan hama tersebut.

"Kecamatan yang terkena itu yaitu Kecamatan Kuranji dan Pauh," sebutnya.

Oleh karena itu, katanya dengan menanam varietas "Batang Piaman" akan mampu memutus siklus serangan hama wereng itu.

"Minimal dilakukan dalam kurun waktu empat kali musim tanam atau sekitar dua tahun, agar siklus wereng tersebut terputus" ujarnya. (*)