Memasuki Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Bencana Alam

id Hujan

Memasuki Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Bencana Alam

BMKG Ketaping Padangpariaman memprakirakan hujan berpotensi turun hingga malam hari, Rabu (31/5). (ANTARA SUMBAR)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengimbau dan mengingatkan masyarakat di daerah itu untuk mewaspdai bahaya bencana alam.

"Saat ini kondisi cuaca kurang mendukung terutama hujan yang sudah mengguyur Pasaman sejak beberapa hari terakhir," kata Kepala BPBD Pasaman Maspet Kenedi di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia mengatakan beberapa bahaya bencana alam yang patut diwaspadai seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Beberapa titik yang berpotensi terjadi bencana alam seperti di kawasan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kecamatan Rao Mapatunggul, Bonjol, Rimbo Malampah dan di daerah Duo Koto.

Kawasan tersebut, ujarnya, cukup rawan terjadi bahaya bencana alam sehingga tingkat kewaspadaan masyarakat diminta lebih.

Pihaknya menegaskan para personel BPBD selalu siap siaga selama 24 jam untuk memantau dan mewaspadai apabila terjadi bencana alam di daerah itu.

"Masyarakat harus lebih waspada apabila terjadi musibah yang menimpa diminta segera menghubungi pihak BPBD agar segera ditangani," ujarnya.

Sementara itu Mahmudi (28), salah seorang warga Pasaman, mengatakan beberapa hari terakhir hujan melanda daerah itu.

"Hujan hampir terjadi setiap hari sehingga cukup berpengaruh kepada aktivitas masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan beberapa daerah yang cukup rawan terjadi bencana banjir seperti Kecamatan Rao Selatan dan Kecamatan Padang Gelugur.

Kemudian, kata dia, di Kecamatan Lubuk Sikaping bencana alam yang kerap terjadi yaitu tanah longsor dan pohon tumbang.

Pihaknya berharap tim BPBD selalu siaga mengawasi dan memantau keadaan cuaca serta memberikan informasi kepada masyarakat luas. (*)