Bupati Minta Pejabat Fokus kepada Tugas Masing-Masing

id Hendrajoni

Bupati Minta Pejabat Fokus kepada Tugas Masing-Masing

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengambil sumpah jabatan kepada 64 pejabat di daerah itu yang terdiri dari kepala SMP, SD, TK dan pengawas sekolah. (ANTARA SUMBAR/ Didi Someldi Putra )

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meminta pejabat daerah setempat fokus pada tugasnya sehingga roda pemerintahan berjalan dengan baik.

"Tidak ada yang berpolitik dan keberpihakan kecuali melaksanakan tugas masing-masing sebagai abdi negara," katanya usai melantik 64 pejabat daerah setempat yang terdiri dari kepala SMP, SD, TK dan pengawas sekolah di Painan, Selasa.

Kepada kepala sekolah yang dilantik dirinya meminta agar mereka bisa memastikan terselenggaranya proses belajar mengajar di sekolah.

"Kepala sekolah hanya memastikan terselenggaranya proses belajar dan saya sebagai bupati memastikan tidak ada potongan gaji, tunjangan dan lainnya, jadi kepala sekolah tidak perlu pusing terkait hal itu," katanya.

Bahkan pada saat dan sebelum pelantikan pihaknya memastikan tidak ada kepala sekolah yang membayar agar mendapatkan jabatan.

"Sebagai bupati yang dipilih oleh masyarakat saya harus loyal kepada masyarakat, begitu juga sebaliknya kepala sekolah yang tunjuk juga harus loyal dan diperlihatkan dengan kinerja yang mumpuni," ujarnya.

Ia menyebutkan pelantikan puluhan kepala sekolah dilakukan sebagai upaya penyegaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas lulusan anak didik sehingga hasil Ujian Nasional SMP sederajat pada 2017 tidak kembali terulang.

"Hasil Ujian Nasional SMP sederajat di Pesisir Selatan berada pada posisi terakhir dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, dengan pelantikan ini minimal berada pada angka 10 besar," katanya lagi.

Namun ia berjanji jika hasil Ujian Nasional SMP sederajat pada 2017 kembali terulang maka mutasi, demosi dan promosi jabatan akan kembali dilakukan. (*)