Bandara Minangkabau Tambah Avtur Selama Musim Haji

id avtur

Bandara Minangkabau Tambah Avtur Selama Musim Haji

Dua unit mobil tangki Pertamina berada di Bandara Internasional Minangkabau, Padangpariaman. Pertamina (Persero) menambah stok avtur selama pelaksanaan penerbangan haji. (Antara Sumbar/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, menambah stok avtur dari 125 kiloliter menjadi 420 kiloliter per hari selama pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2017.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Fitri Erika melalui siaran pers yang diterima di Padang, Jumat, menyebutkan pihaknya memperkirakan akan terjadi kenaikan konsumsi avtur pada musim haji 2017 di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat.

Ia menyebutkan perkiraan kenaikan di DPPU BIM cukup tinggi sekitar 236 persen dari penyaluran normal avtur per hari 125 kiloliter menjadi 420 kiloliter pada fase pertama keberangkatan, 28 Juli hingga 26 Agustus 2017.

Pertamina, tambahnya, telah menyiapkan sarana dan fasilitas penyediaan penambahan persediaan avtur serta sumber daya operator yang berpengalaman untuk melayani pemberangkatan haji tahun 2017.

"Tahun 2017, DPPU BIM tidak hanya melayani penerbangan 16 kloter dari Sumbar, tetapi juga melayani penerbangan transit," katanya.

Sementara untuk fase kedua, yakni kepulangan haji pada 5 September hingga 23 September 2017, diperkirakan kenaikan pelayanan avtur naik 44 persen dari normal 125 kiloliter per hari menjadi 180 kiloliter per hari.

Pertamina sudah menyiapkan berbagai upaya dan langkah agar pelayanan penyediaan avtur untuk penerbangan haji bisa berjalan dengan lancar.

Ia mengungkapkan secara umum tahun 2017 diperkirakan terjadi peningkatan pelayanan avtur sebesar 25 persen dari tahun 2016.

Pada tahun 2016, katanya, pelayanan avtur sebanyak 7.564 kiloliter dan tahun 2017 diperkirakan 9.432 kiloliter.

Selain DPPU BIM, Pertamina Marketing Operation Region I Sumbagut juga menyediakan layanan avtur untuk penerbangan haji di DPPU Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, DPPU Bandara Kuala Namu Medan dan DPPU Bandara Hang Nadim di Batam. Total ada empat DPPU di MOR I yang melayani penerbangan haji tahun 2017. (*)