116 Calon Haji Pariaman Berangkat 12 Agustus

id haji

116 Calon Haji Pariaman Berangkat 12 Agustus

Ilustrasi - Pemberangkatan calon haji. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Sebanyak 116 calon haji asal Kota Pariaman, Sumatera Barat dijadwalkan berangkat pada 12 Agustus 2017 tergabung pada kelompok terbang (kloter) 15.

"Pada 10 Agustus para calon haji terlebih dahulu dilepas oleh wali kota di Pendopo setempat," kata Pengadministrasian Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Ori Sativa Syakban, di Pariaman, Rabu.

Sebelum dilepas ke embarkasi Padang ujarnya, para calon haji terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan arahan oleh Kemenag dan kepala daerah.

Tujuannya kata dia, agar para calon jamaah haji dapat menjaga kekompakan selama menjalankan Rukun Islam ke lima tersebut.

Para calon jamaah haji tersebut akan berangkat ke tanah suci Mekkah bersama rombongan jamaah dari Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman.

Secara umum ia menjelaskan pada awalnya total 124 calon haji yang akan berangkat, namun enam di antaranya pindah keberangkatan ke Kota Padang.

"Enam jamaah pindah ke Kota Padang itu, dua orang mengundurkan diri karena sudah uzur dan tidak memiliki tenaga pendamping keluarga," ujar dia.

Ia menjelaskan khusus enam jamaah haji yang pindah keberangkatan tersebut, tetap mendapatkan haknya seperti tas, paspor, manasik haji sebanyak 10 kali di Kemenag setempat.

"Hak-Hak mereka tetap kita berikan, hanya saja tempat keberangkatannya yang berbeda," katanya.

Sementara itu Jusmaniar (53) salah calon haji asal Kecamatan Pariaman Tengah menyebutkan sudah siap secara fisik untuk berangkat pada jadwal yang ditetapkan.

Secara umum katanya, ia bersama suami dan satu anak siap berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut. Ia menyebutkan pihaknya bersama dua anggota keluarga sudah menunggu keberangkatan haji sejak 2010. (*)