Asli Chaidir Serahkan Alsintan ke Petani Pesisir Selatan

id Alsintan

Asli Chaidir Serahkan Alsintan ke Petani Pesisir Selatan

Beberapa petani mengamati bantuan alsintan yang diserahkan Anggota DPR RI M. Asli Chaidir di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Selasa. (ANTARA SUMBAR/ Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Anggota DPR RI M. Asli Chaidir menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ke petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang tergabung ke dalam 10 kelompok tani, Selasa.

"10 kelompok tani itu diantaranya lima dari Kecamatan Batang Kapas, seterusnya tiga dari Bayang dan dua dari Lengayang," katanya di Painan usai menyerahkan Alsintan tersebut secara simbolis di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan.

Pada kesempatan itu ia berpesan kepada ketua kelompok beserta anggota kelompok tani yang menerima bantuan menggunakan alsintan secara maksimal.

"Jangan sampai gara-gara bantuan alsintan terjadi perkelahian antar anggota kelompok, jika kemudian hari hal itu saya ketahui maka alsintan akan ditarik," ujarnya.

Sementara kepada pejabat Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan setempat ia berpesan agar memperkuat peran penyuluh pertanian di setiap kecamatan sehingga berbagai kendala dapat diatasi petani.

"Banyaknya alsintan belum tentu akan berdampak pada hasil produktivitas namun jika diiringi dengan penyuluhan barulah akan maksimal," tambahnya.

Ia menyebutkan hal tersebut mutlak dilakukan sehingga Pesisir Selatan yang dahulunya dikenal sebagai lumbung padi kembali mendapat julukan tersebut.

Sementara itu, seorang petani penerima bantuan asal Kecamatan Batang Kapas, Marzan mengatakan cukup terbantu dengan bantuan alsintan yang diterima kelompoknya.

"Mudah-mudahan dengan bantuan areal persawahan milik kelompok bisa digarap maksimal dan tentunya akan mengurangi ongkos produksi," ujarnya.

Bantuan alsintan yang diserahkan terdiri dari enam unit traktor roda empat dan empat unit traktor tangan. (*)