Pemkot Pariaman Segera Tuntaskan Infrastruktur Pertanian dari DAK 2017

id pertanian

Pemkot Pariaman Segera Tuntaskan Infrastruktur Pertanian dari DAK 2017

Infrastruktur Pertanian. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat segera menyelesaikan tujuh sarana infrastruktur pertanian yang bersumberkan Dana Alokasi Khusus 2017.

"Tujuh pembangunan infrastruktur tersebut meliputi pembuatan embung di Desa Tungkal Utara, pembuatan drainase, dan pembangunan sumur tanah yang menggunakan teknologi solar cell atau sinar matahari di lima titik," kata Kepala Dinas Pertanian setempat Agusriatman, di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pembangunan tujuh infrastruktur sarana pertanian tersebut hampir rampung dikerjakan, bahkan sudah ada beberapa diantaranya telah selesai.

"Pada umumnya pengerjaan mencapai 90 persen, diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan pertanian masyarakat," kata dia.

Pembangunan embung air ujarnya, merupakan upaya pengumpulan air hujan yang turun untuk dialirkan ke lokasi persawahan masyarakat setempat hingga 20 Hektare.

Sedangkan untuk pembuatan sumur tanah dengan menggunakan sistem Solar Cell ujarnya, diperkirakan mampu mengaliri air hingga lima Hektare persawahan setiap sumurnya.

Setelah pengerjaan selesai secara total katanya, akan diserahkan secara langsung kepada kelompok tani yang menerima bantuan dari pemerintah.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Marlina Sepa mengatakan proyek pembuatan sumber air dan saluran air sawah tersebut sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di Kota Pariaman.

"Pemerintah pusat maupun di daerah fokus kepada ketahanan pangan, sehingga upaya di bidang pertanian terus dilakukan," ujarnya.

Ke depan ujarnya diharapkan tidak ada lagi persoalan masyarakat yang mengeluhkan areal persawahannya tidak teraliri air.

Pihaknya menyakini perbaikan di bidang pangan tersebut akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dalam menghasilkan produk berkualitas. (*)