Rektor Unand : Lebaran Momentum Peningkatan Pelayanan Publik

id Unand

Rektor Unand : Lebaran Momentum Peningkatan Pelayanan Publik

Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni memberikan arahan pada kegiatan apel pagi di Kampus Limau Manis Padang, Senin (3/7). Dalam arahannya lebih kepada tekad meningkatkan pelayanan. (MR Denya U/ANTARA SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Andalas Prof Tafdil Husni mengatakan perayaan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah menjadi momentum peningkatan pelayanan publik khususnya kepada dosen dan mahasiswa.

"Bila dibandingkan instansi lain, pelayanan ditatanan pemerintahan menjadi yang paling rendah secara kualitas ini menjadi pekerjaan rumah bersama," kata Rektor Tafdil saat memberikan arahan kepada civitas akademika dalam apel pagi, di Padang, Senin.

Menurut Tafdil masih banyaknya keluhan dari mahasiswa dan dosen mengindikasikan masih lemahnya kinerja tenaga kependidikan.

Momen fitrah atau suci usai Ramadhan ini kata dia menjadi motivasi untuk melaksanakan semua kegiatan lebih baik.

Misalnya dalam pelayanan administrasi, keuangan dan akademik.

"Hal ini bisa dimulai mengingat sebulan lagi tahun ajaran baru, dan persiapannya bisa dilakukan sekarang," kata dia.

Selain memberikan arahan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dia juga meminta pegawai menjauhi tindakan korupsi dan kriminalitas lainnya serta disiplin.

Sebagai abdi negara dalam bidang pendidikan tambahnya memberikan teladan yang baik kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban.

"Baik itu pegawai akademik, tenaga lab hingga petugas keamanan harus memegang prinsip tersebut," katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand Marifah Nur mengatakan peningkatan pelayanan tenaga publik itu harus dilakukan untuk memperkuat kualitas kampus.

Menurutnya saat ini pencapaian kampus di peringkat sebelas harus terus dibarengi penguatan dalam bidang tata kelola dan pelayanan.

"Diharapkan nantinya mahasiswa dan dosen mudah dalam pengurusan sesuatunya," kata dia. (*)