Masjid Raya Jadi Pusat Malam Takbiran Sumatera Barat

id masjid raya

Masjid Raya Jadi Pusat Malam Takbiran Sumatera Barat

Warga keluar dari Masjid Raya Sumbar di Jl Khatib Sulaiman, Padang, Sumbar, Selasa (15/7). Masjid terbesar di Sumbar yang sudah difungsikan untuk beribadah di bulan ramadan itu masih belum rampung dan akan dilanjutkan pembangunannya usai lebaran. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ss/pd/14 ()

Padang, (Antara Sumbar) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Sumatera Barat akan menggelar malam takbiran untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah yang dipusatkan di Masjid Raya.

"Kegiatan akbar akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar, diharapkan masyarakat berpartisipasi," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Japeri di Padang, Minggu.

Menurut dia kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemenag Kota Padang dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumbar.

"Pada malam itu kegiatan takbiran hanya dimotori oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Padang, hanya satu kegiatan yang terpusat" ujar dia.

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta akan berkumpul di lapangan parkir GOR Haji Agus Salim Padang. Kemudian peserta akan berjalan menuju Masjid Raya Sumbar.

"Rute yang dipakai yakni mulai dari GOR Haji Agus Salim melalui jalan Raden Saleh menuju Jalan KH Ahmad Dahlan yang berada di depan Masjid Raya Sumbar, rute tersebut tidak terlalu jauh," kata dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan itu pihaknya membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan di lokasi.

Menurut dia kegiatan takbiran tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari sebelas kecamatan di Kota Padang. Mereka akan melakukan perjalanan dari GOR H Agus Salim menuju Masjid Raya Sumbar.

Sementara Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan pihaknya akan mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

Ia meminta kepada pihak Kemenag agar peserta yang mengikuti kegiatan itu tidak menggunakan mobil bak terbuka atau mobil barang dalam kegiatan itu karena dalam aturannya mobil bak terbuka tidak diperbolehkan mengangkut orang.

"Kita akan perintahkan personel untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut agar tetap lancar dan aman dalam menyambut sukacita lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah," kata dia. (*)