Kamis, 29 Juni 2017 - 5 Syawwal 1438 H

Berdayakan Masyarakat, Solok Selatan Bina Puluhan Pokdarwis

Pokdarwis Solok Selatan mengikuti Bimbingan teknis Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata di Padang Aro, Rabu. (ANTARA SUMBAR/ Istimewa)
Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memberikan pembinaan melalui bimbingan teknis pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata terhadap 20 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di daerah itu, Rabu.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria melalui Asisten I Setdakab Solok Selatan Fidel Efendi, di Padang Aro, mengatakan Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah.

Ia menambahkan keberadaan Pokdarwis perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata.

Menurutnya keberadaan Pokdarwis dalam konteks pengembangan destinasi pariwisata telah berperan sebagai salah satu unsur penggerak dalam mendukung terciptanya lingkungan dan suasana yang kondusif di tingkat lokal di daerahnya.

"Secara kolektif Pokdarwis akan berdampak positif bagi perkembangan destinasi pariwisata dalam konteks wilayah yang lebih luas," katanya.

Dia menjelaskan Pokdarwis atau kelompok penggerak pariwisata sebagai bentuk kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat, merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan dalam masyarakat yang memiliki keterkaitan dan peran penting dalam mengembangkan dan mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di daerahnya.

Peran dan kontribusi Pokdarwis, sebutnya perlu terus didukung dan dikembangkan baik secara kualitas maupun kuantitas dalam menopang perkembangan dan pertumbuhan destinasi pariwisata, maupun khususnya peningkatan peran masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di daerahnya masing-masing.

Ia menyebutkan, Solok Selatan merupakan daerah yang dianugerahi potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari potensi wisata yang telah disediakan alam maupun potensi wisata budaya yang telah diwariskan oleh leluhur kita.

"Menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan mengelola potensi tersebut agar bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pembangunan kepariwisataan, jeasnya memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata.

Masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Pemerintah dan kalangan usaha/swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan.

Oleh karena itu, ujarnya pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan, karena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang kepariwisataan.

Ketua Pokdarwis Codangers Doni Asmon yang turut serta dalam bimtek tersebut mengatakan, Bimtek ini sangat membantu pokdarwis dalam memahami apa itu pariwisata sebenarnya dalam mewujudkan sapta pesona.

Disamping itu, katanya dirinya dapat langsung mengusulkan apa kendala yang terjadi di masing-masing pokdarwis dan mendapat solusi terbaik dari dinas terkait.

"Kita bisa menyampaikan langsung kendala yang dihadapi di lapangan untuk dicarikan solusi oleh dinas terkait," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga