Sumbar Nilai Lima Desa Binaan TP-PKK Pariaman

id PKK

Sumbar Nilai Lima Desa Binaan TP-PKK Pariaman

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Sumatera Barat, (Sumbar), menilai lima desa binaan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di Kota Pariaman dalam rangka lomba gerak PKK tingkat provinsi itu.

"Terdapat lima desa di Kota Pariaman yang masuk dalam penilaian provinsi yakni Santok, Sikapak Timur, Jawi-Jawi II, Kampung Kandang dan Palak Aneh," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan penilaian tersebut bertujuan untuk mengetahui kemajuan pencapaian 10 program pokok PKK serta kelemahan dan kendala yang menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik ke depannya.

"10 program pokok PKK sampai ke dasawisma terus menjadi pantauan dewan pembina TP-PKK Kota Pariaman, baik pada tiap desa maupun kelurahan," katanya.

Berdasarkan hasil pantauan pemerintah setempat, katanya, hasil dari 10 program tersebut sudah mulai tumbuh dan berkembang di tiap desa dan kelurahan serta teraplikasi dalam realisasi program pada masyarakat setempat.

Ia menjelaskan program PKK melalui dasawisma yang diberikan kepada masyarakat itu juga menyangkut peningkatan ekonomi rumah tangga serta menunjang program pembangunan daerah itu.

Terkait hal tersebut, ia meminta tiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk mengikutsertakan PKK melalui program-program yang ditujukan untuk masyarakat agar percepatan pembangunan dapat benar-benar dirasakan.

"Jadi bagi desa atau kelurahan yang dinilai, hendaknya dapat mengevaluasi saran dan kelemahan yang ditemukan tim penilai untuk lebih baik ke depannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Gerak PKK se-Sumbar, Fatmawati mengatakan terdapat lima kategori penilaian dalam menilai lima desa di Pariaman terkait lomba gerak PKK se-Sumbar.

Ia menjelaskan lima hal yang menjadi pertimbangan penilaian di antaranya tertib administrasi PKK, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, penilaian lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pemanfaatan pekarangan serta penilaian lomba tes Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) .(cpw11)