Mapala FIB Unand Bagikan 750 Bibit Pohon

id Mapala, Unand, Bibit Pohon

Mapala FIB Unand Bagikan 750 Bibit Pohon

Ketua RW 03 Batu Busuk Kelurahan Lingkuang Bukik, Kecamatan Pauh Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menanam bibit didampingi ketua Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Ilmu Budaya (Mapastra) Unand Revandi Aldewata (13/5). Keegiatan tersebut merupakan salah satu wujud solidaritas dan keprihatinan terhadap kondisi lingkungan sekitar yang mulai rusak dan berkurangnya hutan akibat perambahan oleh oknum tak bertanggung jawab. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat)

Padang, (Antara Sumbar) - Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat membagikan 750 bibit pohon produktif kepada masyarakat Batu Busuk, Kelurahan Lingkuang Bukik, Kecamatan Pauh.

Ketua Mapastra Revandi Aldewata di Padang, Sabtu, menyebutkan kegiatan tersebut adalah salah satu wujud solidaritas dan keprihatinan terhadap kondisi lingkungan sekitar yang mulai rusak dan berkurangnya hutan akibat perambahan oleh oknum yang berujung pada mudahnya wilayah setempat terkena banjir.

"Tujuannya selain meningkatkan solidaritas antar anggota, kami juga ingin mendekatkan diri serta memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat," tambahnya.

Ia menyebutkan, Batu Busuak adalah daerah yang rawan bencana seperti banjir bandang. Itulah sebabnya organisasi Mapala ini memutuskan untuk memilih tempat tersebut.

"Kami berharap risiko bencana banjir dan longsor di Batu Busuak dan daerah sekitar aliran batang Kuranji bisa berkurang, bahkan jangan sampai lagi ada. Seperti sebelum-sebelumnya yang memakan korban jiwa," lanjutnya.

Kegiatan penyerahan tersebut juga turut di dampingi Wakil Dekan III FIB Unand Hasanuddin, perwakilan Camat Pauh dan Ketua RW 03 Batu Busuk.

Revan menyebutkan ada sedikitnya 88 bibit pohon yang secara simbolis ditanam bersama masyarakat sekitar, yang turut dihadiri WD III FIB, Camat Pauh dan RW 03 di tiga lokasi rawan longsor dan banjir Batu Busuk.

"Sedangkan sisanya lagi diserahkan kepada masyarakat untuk ditanami sesuai lahan dan kebutuhan masyarakat," katanya.

Beberapa jenis bibit pohon yang dibagikan diantaranya Sirsak, Durian, Salak, Mahoni, dan lain-lainnya.

Wakil Dekan III FIB Unand, Hasanuddin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab masih ada anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan.

Kendati demikian, ia berpesan agar bibit itu terus dirawat hingga tumbuh menjadi besar dan bisa dimanfaatkan masyarakat secara luas.

Dia juga berharap, kegiatan konservasi semacam itu terus digalakkan, sebab kalau bukan generasi muda yang merawat lingkungan ini, dampak negatif akan dirasakan di kemudian hari. (*)