Tiga Hal Penting yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru

id Mahasiswa, Baru

Padang, (Antara Sumbar) - Pengamat Pendidikan Tinggi dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Ade Djulardi menyebutkan mahasiswa baru perlu mengetahui tiga hal penting sebagai kunci untuk berhasil dalam kuliahnya.

"Ketiga hal tersebut meliputi tahu lokasi kuliah, laboratorium, dan tempat pustaka ," kata dia terkait musim masuknya mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi 2017 di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan langkah pertama yang harus dilakukan mahasiswa baru saat menginjakkan kaki di kampus yakni mengenal tempat kuliahnya.

Mengenal tempat kuliah ini meliputi gedung administrasi, tempat organisasi, bangunan perkuliahan, dan tempat seminar.

Selain mengenal secara fisik, mahasiswa juga harus mengenal isi di dalamnya, mulai dari kelengkapan jurusan, dekan, rektorat seperti struktur pimpinan, proses administrasi dan lokasinya serta juga mengenal aturan dan tata cara di kampus yang setiap prodi akan berbeda.

"Setelah itu secara perlahan mencari tahu staf pengajar yang ada di jurusannya seminimal mungkin," tambahnya.

Nilai penting kedua yakni mengenal tempat praktik atau laboratorium, hal ini penting untuk memudahkan pengembangan bakat bidangnya.

Mengenal laboratorium ini juga termasuk mengenal suasana, tata cara dan aturan, jenis bidangnya, hingga peralatan dan analisnya.

"Saat tahun terakhir tidak usah bingung lagi mencari laboratorium atau studio untuk bekerja dalam penelitian," tambahnya.

Selanjutnya nilai penting yang ketiga yakni mengetahui dan mengenal pustaka.

Mulai dari lokasi pustaka jurusan, pusat dan pustaka secara daring termasuk pustaka yang menyediakan berbagai jurnal.

Mengenal pustaka ini perlu dilakukan sejak awal kuliah sebab sangat menunjang perkuliahan, praktik dan tugas akhir.

"Sayangnya saat ini banyak mahasiswa tidak mau membaca akibatnya banyak yang gagal," tambahnya.

Bagi mahasiswa baru yang memegang ketiga hal tersebut dengan konsisten, diyakini bisa sukses lulus tepat waktu dan menguasai bidang yang diampunya.

Senada itu Koordinator Kopertis X Prof Herri mengatakan salah satu persiapan bagi mahasiswa baru yakni membidik peluang mendapat beasiswa.

Menurutnya saat ini banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah dan instansi lainnya.

Beasiswa ini sebut dia akan memberikan semangat dan motivasi mahasiswa baru untuk berprestasi. (*)