Tiga Pelajar Dharmasraya Ikuti Lomba Tingkat Nasional

id siswa

Tiga Pelajar Dharmasraya Ikuti Lomba Tingkat Nasional

Siswa serius mengikuti pelajaran. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Tiga pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan mengikuti lomba tingkat nasional untuk tiga bidang berbeda yang digelar di Bengkulu dan Jakarta.

Kepala SMA 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Israr Aziz, di Pulau Punjung, Jumat, menyebutkan ke tiga siswa tersebut yaitu Muhammad Irsyad kelas XI IPA, Dedi Irawan kelas XI Bahasa, dan Rizki Ariadi kelas X.

Ia menjelaskan Muhammad Irsyad akan mengikuti lomba debat dalam ajang National School Debate Championship (NSDC) bersama dua siswa asal Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman pada 14 hingga 21 Mei di Jakarta.

Kemudian Dedi Irawan akan mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah pada ajang Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) 11 sampai 15 Mei di Bengkulu, dan Rizki Ariadi mewakili Sumbar dalam pertemuan pelajaran Indonesia pada 5 Juni di Jakarta.

"Ketiga pelajar ini sebelumnya telah berkompetisi di tingkat kabupaten dan provinsi yang diadakan beberapa waktu lalu," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk menghadapi lomba itu pihak sekolah sudah mengadakan persiapan materi dan mental bagi anak didik.

"Siswa kami sudah diberikan pemantapan materi serta penguasaan tema diharapkan dapat mengharumkan nama daerah," ujarnya.

Ia mengatakan pelajar SMA 1 Sitiung selalu menjadi bagian dalam kegiatan lomba baik tingkat provinsi maupun nasional. Tercapainya prestasi tersebut tidak lepas dari kerjasama pihak sekolah dan dukungan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya upaya yang dilakukan dalam mencapai prestasi di tingkat nasional karena setiap guru diharuskan memberi perhatian lebih dalam membina bakat anak.

"Misalnya lomba karya ilmiah, sudah ada guru pembina, ada anak lomba kesenian sudah ada guru pembina. Jadi setiap lomba ada guru pembina yang fokus melatih siswa," katanya. (*)