BMKG: Cuaca Sumbar Mulai Mendekati Musim Kering

id BMKG, Cuaca, Sumbar, Kering

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan saat ini kondisi cuaca di provinsi setempat mulai memasuki musim kering atau panas.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat mengatakan kondisi cuaca di Sumbar secara umum cerah berawan dengan suhu udara maksimal 31 derajat celcius.

"BMKG memprakirakan musim panas di Sumbar terjadi pada Juni hingga Juli 2017," katanya.

Meskipun telah mendekati musim panas, jelasnya potensi hujan masih ada terutama pada sore hingga malam hari karena dalam masa peralihan musim.

Potensi hujan pada sore hingga malam tersebut yakni di Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat, Tanah Datar, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Padang Pariaman khususnya Lubuk Alung, Parit Malintang, Kayu Tanam, Lembah Anai.

Selanjutnya Padang, dan Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Sawahlunto dengan intensitas hujan ringan.

Selain itu, ujarnya masyarakat juga perlu mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan 30 hingga 40 kilo meter per jam yang bersifat insidentil atau tidak setiap waktu kencang.

Ia menjelaskan potensi angin kencang tersebut yakni diwilayah Mentawai, Padang, Pesisir Selatan, Padangpariaman, Tiku, Pasaman Barat, Padang Panjang, Kota Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan sebagian Agam.

"Untuk dampak seperti longsor dan banjir belum dapat diprakirakan karena intensitas hujan yang ringan," katanya.

Selain itu, jelasnya dengan cuaca yang dominan cerah berawan tersebut ia berharap masyarakat tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)