Senin, 24 April 2017 - 28 Rajab 1438 H

Setya Novanto Di Pariaman Ajak Pemuda Rambah Dunia Bisnis

Ketua DPR RI, Setya Novanto. (Antara)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengajak pemuda Indonesia untuk masuk ke dunia bisnis sehingga dapat menyumbangkan pemikiran mereka untuk membangun perekonomian bangsa.

"Pemuda merupakan sosok yang tangguh sehingga kita harus berupaya mengajaknya," kata Setya Novanto saat memberikan materi pada kuliah umum dengan tema "Penguatan Ekonomi Mikro dan Usaha Mikro Kecil Menengah" di salah satu perguruan tinggi di Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu.

Ia menambahkan pemuda yang masuk ke dunia bisnis akan berupaya mengembangkan usahanya dan hal itu didukung oleh pemikiran serta fisiknya yang masih segar sehingga berdampak pada pembangunan.

"Karena itu jiwa berbisnis pada diri pemuda harus disalurkan sebab dunia bisnis masuk ke dalam empat jiwa menuju kesuksesan," ujarnya.

Adapun tiga jiwa yang harus ditanam lainnya yaitu pertama, jiwa profesi seperti dokter dan pengacara. Lalu kedua, sosial entrepreneur atau seseorang yang mengerti permasalahan sosial seperti wartawan, Lembaga Amil Zakat, dan Palang Merah Indonesia. Serta yang ketiga, jiwa politik karena bisa menjadi presiden, anggota DPR, dan menteri.

Namun saat ini banyak pemuda menjadikan bisnis sebagai pilihan profesi terakhir dan lebih memilih menjadi karyawan biasa, ujarnya.

"Padahal banyak orang yang telah sukses melalui bisnis dan bahkan telah menjadi garda depan untuk menumbuhkan perekonomian bangsa," tambahnya.

Apabila melihat pemuda-pemuda di negara maju maka akan terlihat bagaimana perjuangan mereka untuk berupaya agar siap bersaing di dunia global, ujarnya.

Ia mengatakan kalau Indonesia mau sejajar dengan negara maju tersebut maka pemuda harus mau berbisnis dan jumlah pemuda masuk dunia bisnis pun harus diperbanyak.

"Oleh karena itu, kepada pemuda jangan pikirkan kekurangan yang ada pada diri tapi upayakan cita-cita untuk menjadi sukses terwujudkan," sebutnya.

Sementara Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan kota itu tengah mengarahkan pariwisata di daerah itu ke wisata ekonomi sehingga menumbuhkan perekonomian.

"Kedatangan Ketua DPR RI di Pariaman untuk pertama kalinya membawa buah tangan yaitu ilmu tentang peningkatan ekonomi dan motivasi," ujarnya.

Ia berharap kedatangan tersebut selain dapat mempererat silaturahmi antara DPR RI dengan masyarakat Pariaman. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
        Sebagai primata yang dikenal cukup pintar, beruk (kera besar yang berekor pendek dan kecil) memang ...
Baca Juga