Padang Panjang Siapkan Buku Rencana Penanaman Modal

id investasi

Padang Panjang Siapkan Buku Rencana Penanaman Modal

Ilustrasi investasi (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyiapkan buku rencana umum penanaman modal untuk menarik investor berinvestasi di daerah itu.

"Rencana umum penanaman modal ini disiapkan untuk 2017-2032, buku ini berisi informasi tentang apa saja potensi investasi di Padang Panjang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Padang Panjang, Nuryanuwar di Padang Panjang, Selasa.

Ia mengatakan peluang investasi di Padang Panjang cukup banyak, namun selama ini belum ada tertuang dalam bentuk buku yang akan dipromosikan ke luar daerah.

"Dalam buku itu ada tertuang peluang investasi dan bentuk pengurusan yang dilakukan oleh para investor nantinya," ujarnya.

Rencana umum penanaman modal dalam bentuk buku itu ditargetkan selesai Juli 2017. Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan dalam hal ini, sebutnya.

Padang Panjang sendiri saat ini memiliki tiga potensi untuk berinvestasi. Ketiga bidang itu mulai dari potensi Pendidikan, Pariwisata, dan Perekonomian.

Ia mengatakan untuk bidang pendidikan investor bisa membangun sekolah yang bernuansa Islami sesuai dengan kultur daerah.

"Ini sangat berpotensi, mengingat Padang Panjang selama ini adalah kota yang pendidikannya cukup terkenal di tingkat lokal maupun nasional," ujarnya.

Kemudian potensi pariwisata Padang Panjang katanya, juga memiliki sejumlah lokasi objek wisata yang bisa dikembangkan dengan mendatangkan investor.

"Di bidang pariwisata, sungai yang dimiliki Padang Panjang untuk lokasi olahraga arung jeram sangat berpotensi, kemudian air terjun tujuh tingkat dan yang berkelas dunia bisa pembuatan "cable car"," jelasnya.

Terakhir di bidang perekonomian investor bisa berinvestasi pada sejumlah produk pertanian, pertokoan, tambang batu kapur, industri kulit dan pengolahan hasil pertanian dan peternakan. (*)