Sabtu, 24 Juni 2017 - 30 Ramadhan 1438 H

OJK Selenggarakan Pelatihan Game Investasi Stocklab

Sejumlah mahasiswa bermain simulasi transaksi saham, saat pelatihan "Game Investasi Stocklab" bagi mahasiswa di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Padang, (Antara Sumbar) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Padang menggelar pelatihan game investasi stocklab kepada 200 mahasiswa yang ada di daerah itu dalam rangka meningkatkan pengetahuan pasar modal.

Pelatihan game stocklab dilaksanakan untuk memperluas dan meningkatkan pengetahuan serta peran mahasiswa dalam penggunaan produk dan jasa keuangan di bidang pasar modal, kata Anggota Departemen Pengawasan Pasar Modal 1a Otoritas Jasa Keuangan Riki Aslim di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan pada 2017 , OJK beserta Bursa Efek Indonesia menyelenggarakan Kompetisi Nasional Stocklab yang akan dilaksanakan di 19 kota, dan dua pemenang dari tiap kota akan dibawa ke Jakarta untuk dipertandingkan pada HUT Pasar Modal 10 Agustus 2017.

Bagi pemenang akan diberi hadiah berupa pembukaan rekening saham, ujarnya.

Ia mengatakan untuk kompetisi stocklab telah dilaksanakan pada dua kota yaitu Semarang dan Kendari, kami harap setelah pelatihan di Universitas Putra Indonesia dan Universitas Negeri Padang, kompetisi nasional di kota Padang akan segera terlaksana dalam waktu dekat.

Ia berharap lewat kegiatan ini tingkat literasi keuangan Indonesia khususnya pasar modal akan semakin meningkat terutama di kalangan para generasi muda.

Dengan tingkat literasi yang tinggi, kemampuan masyarakat Indonesia sebagai pelaku industri jasa keuangan akan semakin baik, ujarnya.

Upaya peningkatan literasi ini harus dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan, selain dari regulator, dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk kalangan akademisi, katanya.

Stocklab diciptakan oleh OJK berupa permainan kartu yang dibuat untuk mengasah analisa dalam berinvestasi dan bertransaksi saham dan reksadana serta memberikan edukasi bagi orang yang masih awam dalam investasi pasar modal.

Ia menargetkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mulai bertransaksi saham dan reksa dana.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP), Dr Idris mengatakan kegiatan seperti ini merupakan praktik langsung dari ilmu yang pelajari di bangku kuliah.

Kalau dari perkuliahan mahasiswa hanya tahu ilmu saja, agar terampil perlu praktik seperti ini sehingga tidak kaya teori semata, ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan melek soal bursa, saham dan reksa dana. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga