Wako Padang Imbau Pejabat Kuasai Persoalan Wilayah

id Mahyeldi

Wako Padang Imbau Pejabat Kuasai Persoalan Wilayah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengimbau pejabat di lingkungan kerjanya khususnya di kecamatan dan kelurahan dapat menguasai persoalan yang terjadi di wilayahnya.

"Persoalan yang ada dari aspirasi masyarakat harus dipahami sehingga bisa mengetahui tujuan dari kegiatan yang diprogramkan," katanya di Padang, Minggu.

Dia menerangan adanya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) menjadi kesempatan untuk memahami persoalan tersebut.

Secara maksimal, ujar dia pihak kecamatan bisa menggali persoalan yang terjadi di wilayahnya dengan bertanya pada masyarakat.

"Hal inilah yang disampaikan kepada pihak kedinasan untuk menindaklanjuti dalam program dan kegiatan," kata dia.

Evaluasi dan akumulasi dari permasalahan ini menjadi tugas pemerintah dalam mencanangkan program dalam skala besar.

Meskipun demikian, pengawasan dan pemantauan yang dilakukan kecamatan atau kelurahan dilaksanakan secara rutin.

"Dengan adanya evaluasi kegiatan setiap minggu, diharapkan hal tersebut tepat sasaran," ujar dia.

Dia menyebutkan dengan semua pejabat menguasai persoalan di setiap wilayah kerjanya, aspirasi masarakat dapat cepat terealisasi.

Selama ini banyak laporan yang masuk dari masyarakat, realisasinya dilakukan bertahap, dengan adanya penguasaan camat atau lurah ini maka persoalan akan mudah dipetakan.

Sementara itu salah satu warga Kuranji Padang, Rozawati berharap penguasaan masalah di wilayah masing-masing tidak hanya dilakukan pemerintahan, tapi perwakilan rakyat di DPRD.

Dia mengatakan DPRD sebagai representasi perwakilan masyarakat dapat lebih mengetahui persoalan di wilayahnya yang kemudian mencarikan solusi dan selanjutnya direkomendasikan kepada pemerintah. (*)