Kamis, 23 Februari 2017 - 27 Jumadil Awwal 1438 H

Bukittinggi Siapkan Kegiatan Memperingati Hari Peduli Sampah

Ilustrasi memungut sampah. (ANTARA)
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi di Bukittinggi, Jumat, mengatakan pemerintah setempat melaksanakan rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait membahas kegiatan yang akan dilaksanakan dan tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan kota bersih.

"Kebersihan merupakan hal pertama yang menjadi perhatian. Pengelolaan sampah menjadi perhatian utama ditambah harapan mempertahankan penghargaan Adipura yang diraih tahun lalu," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Supadria menambahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasioanal diperingati pada 27 Februari 2017 di daerah itu yang diawali dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan perumahan, perkantoran dan kawasan Pasar Atas.

"Sebelumnya dilakukan gerakan memungut sampah dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa serta melibatkan tenaga dari Dinas Lingkungan Hidup pada Jumat (24/2)," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, para pelajar dan mahasiswa bersama petugas kebersihan melakukan penyapuan dan pemungutan sampah untuk kemudian dikumpulkan dan dipilah berdasarkan jenisnya.

Selanjutnya pada Senin(27/2), dilaksanakan peringatan puncak hari peduli sampah dan pencanangan bulan bakti dasawisma bekerjasama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bukittinggi, ujarnya.

Direncanakan saat itu dilakukan penyerahan 10.000 keranjang belanja kepada dasawisma untuk mengurangi pemakaian plastik oleh kaum ibu saat berbelanja.

"Kegiatan-kegiatan ini diharapkan tidak sekadar perayaan saja melainkan dapat menanamkan rasa peduli terhadap kebersihan sehingga dapat terus berlanjut.

Ini merupakan usaha persiapan penilaian Adipura pada akhir Februari 2017," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
          Editiawarman pulang menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat, tiba di jalan utama Balai ...
Baca Juga