Desa Bungo Tanjuang Wakili Sumbar PKK-KB Nasional

id PKK

Desa Bungo Tanjuang Wakili Sumbar PKK-KB Nasional

( )

Pariaman, (Antara Sumbar) - Desa Bungo Tanjuang Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman Sumatera Barat, mewakili provinsi itu pada lomba Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana (KB) kesehatan nasional kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LKS).

"Salah satu faktor Desa Bungo Tanjuang mewakili Sumbar karena kekompakan masyarakatnya dalam bergotong royong dan menjaga kebersihan lingkungan hidup," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di Pariaman, Minggu.

Ia menjelaskan sebelum terpilih mewakili provinsi itu, Desa Bungo Tanjuang terlebih dahulu melalui berbagai penilaian mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan kota serta provinsi.

Pemerintah daerah berharap dengan terpilihnya Desa Bungo Tanjuang mewakili Sumbar di tingkat nasional, dapat memberikan pengetahuan di bidang kesehatan, lingkungan dan lainnya kepada seluruh perangkat desa di kota itu.

Sementara itu, Ketua Kelompok kerja (Pokja) tiga PKK Kecamatan Pariaman Timur, Suwarti, mengatakan kecamatan tersebut telah tiga kali mengikuti kegiatan yang sama di tingkat nasional.

"Segala sesuatu sudah dipersiapkan, kita berharap Desa Bungo Tanjuang dapat mengharumkan nama Sumbar khususnya Kota Pariaman," ujar dia.

Ia juga menegaskan Desa Bungo Tanjuang telah siap dinilai oleh tim dari pusat pada Maret hingga Mei 2017.

Ia mengatakan sebagai desa yang bersih, desa tersebut telah memiliki jamban dan air bersih sebagai salah satu indikator kebesihan lingkungan hidup.

Selain itu, desa setempat juga berencana membangun pondok rokok atau tempat khusus bagi masyarakat yang ingin merokok.

"Pondok rokok tersebut merupakan salah satu upaya Desa Bungo Tanjuang agar kesehatan masyarakat yang tidak merokok tidak terganggu," ujar dia. (*)