PLN Jamin Listrik Tidak Padam Selama Natal

id listrik padam

PLN Jamin Listrik Tidak Padam Selama Natal

Pemadaman listrik. (ANTARA)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menjamin tidak akan melakukan pemadaman listrik bergilir selama pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Kita pastikan tidak ada pemadaman listrik bergilir kecuali memang terjadi kendala pembangkit yang kita miliki," kata Deputi Humas dan Hukum PLN Wilayah Sumbar Remialis di Padang, Kamis.

Dia mengatakan akan mengusahakan aliran listrik ke rumah penduduk selama perayaan tersebut bisa terpenuhi dengan baik.

"Kalau untuk kendala terjadwal tentunya tidak ada dilakukan pada saat ini seperti pemeliharaan pembangkit namun yang dikhawatirkan adalah kendala tidak terjadwal," sebutnya.

Ia mengungkapkan sebenarnya pasokan listrik yang berada di Sumbar ini mengalani kelebihan penyalurannya namun masih kurang karena jaringan transmisi yang dimiliki.

"Kalau nanti jalur listrik tol Sumatera sebesar 275 Kilovolt selesai maka kemungkinan pemadaman secara bergilir tidak akan lagi terjadi di Sumbar,"katanya.

Dia mengungkapkan sebenarnya pada kegiatan Natal dan tahun baru tidak ada peningkatan beban yang berarti karena perusahaan industri sedang tidak beroperasi.

"Untuk Kota Padang sendiri penggunaan listrik industri mencapaai angka 50 persen jika pelaku industri ini tidak beroperasi tentu beban penggunaan listrik malah berkurang," katanya.

Sementara General Manager (GM) PLN Wilayah Sumbar Bambang Yusuf menyebutkan pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN terjadi karena adanya kendala terjadwal akibat pemeliharan pembangkit yang dilakukan secara rutin.

"Selain itu ada juga kendala yang terjadi secara spontan ketika mesin pembangkit mengalami kendala teknis sehingga menyebabkan dilakukan perbaikan," jelasnya. (*)