PLN: ada penambahan instalasi di lokasi Penas, listrik sempat padam sebentar

id PLN, Penas Tani, Listrik

PLN: ada penambahan instalasi di lokasi Penas, listrik sempat padam sebentar

PLN siapkan listrik andal, sukseskanĀ  kejuaraan Liga Selancar Dunia Krui Pro 2023 (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Manajemen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat menyampaikan sempatnya listrik padam sebentar di lokasi Penas Tani hanya faktor ada penambahan pemasangan instalasi, bukan mati disebabkan gangguan lainnya.

"Kita minta ke masyarakat, khususnya di arena Penas Tani agar dapat memaklumi, dan hanya berlangsung tidak lama. Apabila tak ada usulan penambahan, dijamin tidak akan padam beberapa menit tersebut. Doakan saja petugas lapangan kami cepat menuntaskan,," kata Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIW Sumbar, Yenti Elfina di Padang, Sabtu.

Ia menjelaskan terkait untuk melayani tambahan daya 197 KVA perlu dilakukan penarikan jaringan baru, sehingga untuk konek ke jaringan eksisting perlu dilakukan pemadaman beberapa menit untuk proses jamper.

Supaya dapat diketahui kronologis sempat padamnya listrik di arena Penas, tentu perlu diuraikan mulai dari tahap perencanaan.

Pertama, diawali pada 4 April 2023, dilakukan rapat koordinasi panitia pelaksana dengan PLN UP3 Padang pembahasan kebutuhan listrik selama kegiatan Penas 10-15 Juni 2023.

Kedua, panitia mengajukan permintaan ekstra daya sebesar 2,1 MVA pada 8 titik lokasi. PLN sudah melakukan penyambungan sesuai permintaan dengan membangun infrastruktur jaringan dan gardu termasuk UGB hingga 8 Juni 2023 sudah tersambung 100%.

Ketiga, pada 8 Juni 2023, siang masuk lagi permintaan tambahan ekstra daya dari Dinas Peternakan untuk dua lokasi gelar teknologi dengan kapasitas daya 197 KVA mulai pada 9 Juni, dan 275 KVA untuk 10 Juni 2023.

Suplay daya 275 KVA sudah selesai tersambung jam 01.00 pada 9 Juni. Namun, guna melayani tambahan daya perlu dilakukan penarikan jaringan baru, untuk konek ke jaringan eksisting sehingga perlu dilakukan pemadaman beberapa menit untuk proses jamper.

"PLN sudah menyiapkan Unit Gardu bergerak untuk antisipasi kebutuhan dimaksud,"ujarnya.

Selanjutnya, kata Yenti, langkah keempat bahwa tim PLN yang tergabung dalam WAG panitia sudah menyampaikan perihal dimaksud, berkaitan dengan pemadaman beberapa menit di lokasi dalam rangka mengakomodir permintaan panitia.

Sebelumnya, General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menegaskan akan mengamankan pasokan kelistrikan selama Penas Tani XVI dengan operasi sistem, pasokan listrik terbaik, serta personel terbaik.

‘’Operasional sistem semua sudah berjalan 100% seperti rencana strategis PLN sebelumnya. Pasokan listrik di Provinsi Sumatera Barat dalam keadaan aman dan andal bahkan surplus. Hingga saat ini, pembangkit-pembangkit yang ada di Sumbar memiliki kapasitas 1.362 MW dengan beban puncak tertinggi mencapai 579,6 MW. Masih ada cadangan daya yang cukup besar yang akan cukup untuk mensuplai parhelatan nasional ini,’’ terang Eric kemudian.