PKDP Beri Penghargaan pada Tokoh Sumbar

id pkdp sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Organisasi Perantau Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan penghargaan pada sejumlah tokoh di provinsi itu, sebagai wujud apresiasi atas kiprah membangun daerah.

"Pemberian penghargaan dilaksanakan bertepatan pelantikan pengurus PKDP Sumbar 17 Desember 2016," kata Ketua Panitia Pelaksana Yohanes Wempi di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan sejumlah nama penerima penghargaan tersebut antara lain Bupati Kepulaan Mentawai Yudas Sababgalet, Wali Kota Padang Mahyeldi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Bupati Pasaman Barat Syahiran, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf, dan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Penghargaan juga akan diberikan kepada mantan gubernur dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang dinilai ikut mendorong lahirnya tokoh masyarakat asal Pariaman berkiprah di provinsi itu.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan penghormatan dan konsolidasi para perantau asal Pariaman yang berada daerah-daerah di Sumbar, kata dia.

Ia mengatakan penghargaan akan langsung diberikan kepada penerima dan jika di antara penerima penghargaan sudah ada yang wafat diserahkan kepada ahli waris atau keluarga.

PKDP Sumbar akan menggelar acara "baralek gadang" beragendakan sejumlah kegiatan mulai dari temu perantau hingga kilas balik pada 17 Desember 2016.

Yohanes mengatakan acara tersebut menghadirkan para tokoh Pariaman mulai dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, anggota DPR RI Hermanto, Jon Kenedi Aziz, Refrizal, dan Direktur Utama PT semen Padang Benny Wendri.

Selain itu acara juga akan dihadiri tokoh-tokoh tingkat provinsi dan tingkat daerah seperti ketua DPRD Kota Padang Erisman, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan lainnya.

Puncak dari acara ini adalah pelantikan pengurus DPW PKDP Sumbar yang dipimpin oleh Rahmal Saleh serta penampilan kesenian tradisional asal Pariaman seperti gendang tasa , dan hiburan oleh artis minang, katanya.

Kami juga akan mengundang semua elemen masyarakat dan tokoh Sumbar, target panitia acara ini dihadiri 2.000 orang perantau Pariaman, ujarnya.

Sementara Anggota DPRD Sumbar Nurnas mengatakan kegiatan ini merupakan ajang silaturahim dan menyatukan warga yang tergabung dalam PKDP.

Ia berharap ketua PKDP Sumbar yang akan dilantik bisa mewujudkan PKDP Sumbar yang mampu mengayomi seluruh anggota dan warga Pariaman di perantauan. (*)