Dompet Dhuafa Singgalang Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

id Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Singgalang Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

Senyum Sintia Nofita (18) saat Layanan Mustahik Dompet Dhuafa Singgalang, Fauzi Yandri menyalurkan sejumlah donasi untuk membantu cicilan hutang uang sekolahnya yang tertunggak. (ist) (cc)

Padang, (Antara Sumbar)- Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) Sumatera Barat (Sumbar) terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi mustahik atau orang yang berhak menerima zakat.

"Kami terus berkomitmen untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan dan pemberdayaan bagi masyarakat khususnya bagi mustahik dengan pengelolaan dana umat," kata Branch Manager DDS, Defri Hanas di Padang, Sabtu.

Pengelolaan dana umat itu, katanya bersumber dari zakat, infak, sedekah, wakaf , tanggung jawab sosial perusahaan, dan sosial kemanusiaan di Sumbar.

Ia mengatakan peningkatan mutu fasilitas pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, salah satunya melalui Program perbaikan dan Pendampingan Sekolah.

Pada tahun ini, katanya DDS melakukan pendampingan di Madrasah Ibtidayah Swasta (MIS) Bakti, Tunggul Hitam, Padang dengan pertimbangan sekolah itu memiliki 208 siswa. Dimana 80 persen dari murid-muridnya berlatar ekonomi keluarga kurang mampu.

Selain itu, ujarnya MIS Bakti tersebut menyediakan akses pendidikan tanpa pungutan biaya sepeserpun bagi anak muridnya baik uangn bulanan maupun biaya lainnya.

"Tenaga pengajar MIS Bakti berjumlah 20 orang, dengan status honorer dan hanya tiga guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, termasuk Kepala Sekolah," ucapnya.

Defri mengatakan program pendampingan telah berlangsung semenjak April hingga September 2016 dengan perbaikan sekolah seperti pemasangan keramik kelas, penggantian tiang, perbaikan kursi dan meja, perbaikan lemari kelas, pengadaan pustaka mini, pengecatan, dan pemasangan bak sampah.

Sedangkan untuk pendampingan, tambahnya, meliputi bagaimana menjadi guru bahagia dan mencintai profesi, menyajikan pembelajaran yang menarik dan menghibur siswa dengan tujuan materi tersampaikan dengan baik, dan memberi referensi kepada guru membuat media pembelajaran serta menghias dan mengatur kelas sehingga siswa nyaman belajar di kelas.

Sementara itu, Kepala Sekolah MIS Bakti, Rusdi mengatakan adanya pendampingan ini memberi hasil positif bagi guru dan lingkungan sekolah seperti penerapan apel pagi untuk mengontrol anak-anak kelas, peningkatan pembelajaran yang dilihat dari observasi kelas, dan ruang kelas yang telah menjadi media pembelajaran efektif sehingga siswa lebih berani berkarya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Donatur Hypermart, Foodmart, dan Boston, atas donasi yang diberikan melalui Dompet Dhuafa, sehingga berkatnya MIS Bakti menerima manfaat dari program ini dengan harapan dapat mengangkat harkat pendidikan anak-anak kurang mampu," tambahnya. (*)