Pembangunan Jalur Dua Bypass Ganggu Lalu Lintas

id pembangunan, jalur dua, bypass

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Dedi Henidal mengatakan belum berfungsinya lampu lalu lintas pada beberapa titik di jalan By Pass Kecamatan Kuranji akibat pembangunan jalur dua.

"Pembangunan jalur dua ini tentunya memiliki risiko, salah satunya adalah lampu lalu lintas yang dicopot karena pelebaran jalan," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengakui tidak berfungsinya lampu lalu lintas itu membuat kawasan tersebut sering terkena kemacetan bahkan membahayakan bagi pengendara yang melalui jalur tersebut.

"Kami sudah coba tempatkan petugas pada titik tersebut guna mengatur arus lalulintas, namun sepertinyaasih kurang maksimal," sebutnya.

Menurut dia jam rawan kemacetan di lokasi tersebut saat pagi dan sore hari. Karena waktu tersebut merupakan jam padat kendaraan.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengatur agar di lokasi tersebut kendaraan tidak bertumpuk," ujar dia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang, Kompol Hamidi mengatakan sudah menugaskan anggotanya untuk bertugas di lokasi tersebut untuk mengatur arus lalu lintas.

"Petugas kami bekerja mengatur arus disana pada pagi dan sore hari, untuk siang hari kita serahkan kepada Dishubkominfo dan Polsek Kuranji," jelas dia.

Ia mengakui tidak bisa menugaskan polisi lalu lintas mengatur kendaraan pada lokasi tersebut sepanjang hari karena kekurangan personil.

"Saat jam rawan petugas akan selalu bertugas di sana untuk mengurai kemacetan, kalau pada siang hari silahkan Dishub yang ambil alih," sebut dia.

Sementara salah seorang mahasiswi Universitas Andalas Intan Komala (22) mengakui sangat terganggu dengan tidak berfungsinya lampu tersebut. Karena kendaran dari segala arah ingin lewat dan menimbulkan kemacetan panjang.

"Diharapkan pemerintah untuk segera mencarikan solusi kalau seperti ini terus tentu akan menyulitkan mobilitas warga," ujar dia. (*)