Pemkot Pariaman pantau sejumlah jalur potensi kemacetan libur lebaran

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman pantau sejumlah jalur potensi kemacetan libur lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Sumbar Afwandi. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memantau sejumlah jalur lalu lintas di daerah itu khususnya yang berpotensi mengalami kemacetan arus kendaraan selama pelaksanaan kegiatan wisata 'Pariaman Barayo' pada Libur Lebaran 2024.

"Saat ini arus kendaraan masih lancar, belum terjadi kemacetan yang berarti," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kemacetan di jalur yang berpotensi terjadi kepadatan kendaraan dengan menerapkan satu jalur arus lalu lintas atau 'one way'.

Ia menyambutkan jalur lalu lintas yang berpotensi terjadi kepadatan kendaraan dan diterapkan sistem satu jalur tersebut yaitu dari arah Simpang Tugu Tabuik mulai dari Simpang Ahmadin menuju Stasiun Kereta Api Pariaman, dan seterusnya ke Simpang Lohong.

Sedangkan dari arah Kota Padang via Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman kendaraan diarahkan dari Simpang Lohong, belok kanan ke Desa Kampung Baru lalu diarahkan ke Simpang Kampuang Pondok.

Pengendara dari arah tersebut juga dapat melewati Simpang Lohong lalu lurus ke Jalan Kampung Perak.

"Kami telah menyiagakan anggota Dishub untuk membantu pengendara dan mengurai kemacetan," katanya.

Selain Dishub Pariaman, pihak lainnya di antaranya aparat kepolisian juga ikut terlibat dalam menyukseskan penerapan satu jalur untuk mengurai kemacetan di daerah itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan kegiatan wisata Pariaman Barayo yang dilaksanakan mulai dari 11 sampai 21 April guna menyambut wisatawan pada Libur Lebaran 2024.

"Kami telah melaksanakan rapat dengan berbagai pihak di Pariaman untuk persiapan Pariaman Barayo. Bisa dikatakan persiapan sudah 80 persen," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Ia mengatakan dalam rapat persiapan pelaksanaan Pariaman Barayo tersebut telah dibagi tugas untuk masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di Pariaman dan bahkan TNI dan Polri ikut serta di dalamnya.