Wagub: Satpol PP Jangan Jaga Kantor Saja

id satpol pp, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat untuk lebih aktif, tidak hanya menjaga kantor dan rumah dinas.

"Saya apresiasi disiplinnya dalam menjalankan tugas saat menjaga rumah dinas. Tapi, seharusnya, kerja Satpol PP tidak hanya itu," katanya saat melantik 14 pejabat eselon II di Padang, Jumat.

Ia meminta Kepala Satpol PP yang baru, Nazwir untuk segera memahami dan menggali tugas pokok dan fungsi jajaran penegak perda itu, agar keberadaannya menjadi lebih bermanfaat.

"Segera bekerja hari ini juga. Setidaknya, lakukan konsolidasi pada jajaran yang ada saat ini," ujarnya.

Saat ini, tugas Satpol PP Sumbar masih pada tataran penjagaan baik rumah dinas maupun sarana perkantoran.

Selain itu, satuan ini juga bertugas untuk menaikkan dan menurunkan bendera setiap hari.

Abit menilai belum ada tugas yang signifikan yang dilakukan Satpol PP Sumbar saat ini.

Padahal, dalam perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) nanti, Satpol PP diproyeksikan menjadi Dinas Satpol PP yang lebih bersifat teknis.

Selain memahami tupoksi, Kepala Satpol PP juga diminta untuk menghafal data dasar pada instansinya agar sewaktu-waktu gubernur membutuhkan informasi, bisa segera diberikan.

Kepala Satpol PP Sumbar, Nazwir dilantik bersama 13 pejabat eselon II lainnya di jajaran Pemprov Sumbar oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Ia menggantikan posisi Abdulrahman yang cukup lama menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Satpol PP Sumbar, setelah kepala yang lama Edi Aradial meninggal dunia. (*)